Mobil Balap Umur 100 tahun Dijual Rp98 miliar Peugeot L45 mobil balap tercepat di zamannya. (Foto: The Sun)

MOBIL balap keluaran Peugeot tahun 1913 ini dijual dalam lelang dengan harga Rp98 miliar. Menjadikan mobil ini sebagai mobil paling mahal yang pernah dilelang, demikian laporan yang dibuat dari laman The Sun.

Peugeot L45 ini dapat digeber mencapai kecepatan 160 km/jam itu menjadikannya sebagai mobil balap yang diincar para kolektor mobil. Dengan kecepatan itu, Peugeot 108 terbaru saja lewat.

Harga lelang mobil balap ini dibuka pada angka Rp71 miliar. Namun begitu lelangnya dibuka angkanya terus naik.

Bila dibandingkan dengan mobil modern keluaran Peugeot, L45 mencapai nilai 350 kalinya.

(Foto: The Sun)

Mobil ini menjadi demikian istimewa, karena Peugeot dikenal dalam menciptakan mobil-mobil keluarga. Mobil ini kemudian menjadi sangat istimewa karena predikat kecepaatan dan hanya memiliki dua tempat duduk.

Mobil ini dilepas ketika Peugeot masih mendominasi arena balapan. Mereka mampu membuat mesin yang menyajikan kecepatan tinggi yang digunakan dalam Grand Prix di Amerika.

Mesin L45 di jamannya termasuk memakai mesin yang sangat revolusioner, mesin yang tidak umum di jamannya. Mesinnya memiliki kapasitas 112 bhp 4,5 L. Ini membuat rival Peugeot terdorong mendesain mesin yang lebih kuat lagi.

Ketika perang dunia I pecah, mobil balap ini dikirimkan ke Indianapolis untuk membalap. Peugeot L45 kerap terlihat dalam balapan di Amerika pada kurun waktu itu. Sampai sekarang konon hanya tinggal 4 unit saja yang masih ada di dunia.

Mobil ini tadinya dimiliki oleh penggemar mobil bernama Lindley Bothwell. Ia membelinya di tahun 1949 dan sejak itu berada dalam garasinya berserta beberapa mobil koleksinya. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH