Mobil 4x4 dalam Sejarah SUV Mobil 4x4 mengajak pemiliknya pergi kemana saja. (Foto: Unsplash/Alex Haney)

MOBIL dengan sistem penggerak 4x4 memang selalu mampu menarik perhatian orang. Bentuknya yang gagah dan mesinnya yang besar menggambarkan kegarangan profilnya.

Apalagi kemampuan mobil-mobil ini mampu melahap medan apa saja yang ada di depannya. Jika jenis mobil lainnya membutuhkan jalan, beraspal atau tidak. Maka mobil 4x4 tak membutuhkan jalan. Selama masih memungkinkan diterabas, mobil ini akan melaju.


Baca Juga:

YouTube Uji Coba Fitur 'Mirip' TikTok


Jeep CJ-5

mobil
Jeep CJ-5. (Foto: Pinterest)


Harus diakui bila berbicara mobil 4x4, yang langsung berada di kepala adalah jip. Padahal jip adalah merk, Jeep, yang diambil dari GP (general purpose). Konsep kendaraan ini mampu melahap berbagai medan dan terbukti pada masa perang dunia II. Kemudian berlanjut pada masa perang Korea.

Menurut Motor Junkie, Jeep CJ-5 berawal di tahun 1964 yang dikenal sebagai kendaraan tangguh. Popularitasnya semakin menanjak dengan dirilisnya model Renegade I (1970) dan Renegade II (1971). Keduanya hadir dengan warna khusus dan jumlah produksi yang terbatas. Begitu juga dengan edisi Silver Anniversary (1979) yang menjadi buruan kolektor karena hanya diproduksi sebanyak seribu unit. Produksi CJ-5 berhenti di tahun 1983. CJ-5 sudah diproduksi sebanyak 600 ribu unit ke seluruh dunia.


Ford Bronco

mobil
Ford Bronco. (Foto: Gear Patrol)


Mobil ini memiliki masa produksi 1966-1996 dalam lima generasi. Mobil ini diproduksi untuk menyaingi eksistensi dari Jeep CJ-5 dan International Harvester Scout yang tengah merajalela . Ford memproduksi mobil ini dengan memendekan sasis milik truk seri F.

Mobil ini kemudian mendadak menjadi populer menyaingi dua nama sebelumnya. Yang dilakukan Ford kemudian memancing perusahaan otomotif lainnya terjun di jenis mobil ini. Seperti Chevrolet K5 Blazer dan Dodge Ramcharger.

Generasi pertama mobil ini dimulai pada tahun 1966 sampai 1977. Bronco diperkenalkan ke pasar otomotif dengan tiga opsi, station wagon, pickup dan roadster. Generasi kedua hadir ketika Blazer memasuki pasar. Generasi ini hanya memakai mesin V8 dengan satu jenis saja, station wagon tiga pintu dan atap yang bisa dibuka. Pada tahun 1980, generasi ketiga, Bronco memberikan opsi tiga mesin 302 V8, 351M V8 dan 351 Windsor V8.


Toyota J40 Land Cruiser

mobil
Toyota FJ40 Land Cruiser. (Foto: Bring a Trailer)


Mobil ini sangat memuncaki popularitas di jenis mobil 4x4. Orang melihatnya sebagai mobil offroad sejati yang berhenti diproduksi di tahun 1984, sementara di Brazil sampai tahun 2001. Kendaraan ini memiliki fans sejati yang sangat fanatik ketimbang jenis mobil lainnya.

Jenis yang paling banyak digemari oleh orang adalah FJ40 dengan mesin inline six 3,8L. Kelas tertinggi mobil ini adalah 2FJ40 dengan dorongan kekuatan dari mesin straight six 4,2L. Sementara mobil bermesin diesel memakai mesin straight six 2H 4,0L yang diyakini memiliki power yang sangat besar.

FJ40 hadir dengan dua model, 4x4 dan 4x2. Terdapat pula opsi dua pintu, empat pintu dan pickup. Model yang paling populer adalah dua pintu 4x4. Yang paling menyenangkan dari kendaraan ini adalah kemudahan untuk memodifikasi sesuai keinginan pemiliknya.


Baca Juga:

NASA Minta Bantuan untuk Navigasi Curiosity Rover di Mars


Range Rover

mobil
Range Rover. (Foto: Unsplash-Dane Wetton)


Land Rover memperkenalkan Range Rover pada tahun 1970. Kendaraan ini dirilis karena melihat popularitas dari Jeep CJ-5, Ford Bronco, International Harcester Scout dan Jeep Wagoneer. Untuk mengalahkan kompetitornya Land Rover kemudian membuat kendaraan 4x4 yang memberikan kemewahan dengan ketangguhan di berbagai meda.

Mobil yang menggunakan aluminium ini hadir dengan versi tiga pintu SUV dan lima pintu yang dirilis di tahun 1980. Pada generasi pertama mesin yang digunakan adalah 3,5L Rover V8. Kemudian mengalami perkembangan di tahun 1990an menjadi 3,9L. Tahun 1986 keluar versi mesin diesel inline four 2,4L. Mesin diesel itu kemudian ditingkatkan menjadi 2,5L di tahun 1989. Range Rover adalah kendaraan favorit Ratu Elizabeth II.


Mercedes-Benz G-Class

mobil
Mercedes-Benz G-Class. (Foto: Unsplash/mahyar mirghasemi)


Tak ada yang menolak bila diberikan kendaraan yang satu ini. Dari merknya saja sudah menarik perhatian untuk memilikinya. Kendaraan ini merupakan salah satu bukti dari inovasi yang terus dilakukan oleh Mercedes-Benz. Mobil ini diproduksi di tahun 1979 dan tadinya hanya untuk memenuhi kebutuhan kendaraan serba guna dari angkatan bersenjata Iran.

Meskipun terkesan garang, namun mobil ini tidak kehilangan kenyamanan dan kemewahan khas Mercedes-Benz. Di jalan raya tak akan kehilangan kecepatannya dan di medan berat masih terasa sangat nyaman. Takmketinggalan pula AMG juga memoles kendaraan ini. G-Class adalah salah satu kendaraan legendaris milik Mercedes-Benz. (psr)

Baca Juga:

Ford F-150 2021 Hadirkan Fitur Hands-Free Driving

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH