Moana, Kisah Remaja Penyelamat Pulau Kegelapan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 30 November 2016
Moana, Kisah Remaja Penyelamat Pulau Kegelapan
Ilustrasi film Moana (Foto: thriller Moana)

MerahPutih Film - Hadir lagi, karya film animasi produksi Walt Disney Animation Studios. Kini, Disney mengangkat kisah tentang seorang tentang seorang remaja yang tinggal di sebuah pulau bernama Moana.

Moana (Auli'i Cravalho) akhirnya memutuskan berkelana demi menyelamatkan pulau yang dihuninya dari misteri kegelapan. Ditemani ayam jantan Heihei, Moana bertekad menemui manusia setengah dewa angin dan laut Maui (Dwayne Johnson) yang mencuri "jantung" dewi kepulauan Te Fiti. Hal yang menyebabkan kerusakan alam secara perlahan, termasuk pada pulau yang dihuni Moana.

Kemudian, mereka berlayar menuju Te Fiti. Meski menghadapi sejumlah halangan dan rintangan di lautan, Moana tak pernah putus asa untuk mengembalikan batu hijau yang menjadi jantung Te Fiti ke tempat semula. Perjalanan mereka penuh aksi, namun juga dibumbui komedi.

"Moana" datang dari sejarah Pasifik kuno. Dari dongeng atau cerita rakyat tersebut diketahui bahwa dulunya orang Polinesia adalah penjelajah samudera.

Tidak diketahui mengapa sudah seribu tahun lamanya mereka berhenti mengarungi samudera. Ini menjadi awal Disney mengembangkan cerita "Moana".

Inilah asyik Disney. Perusahaan ini memang "memaksa" tim produksi ke tempat-tempat bagus untuk penelitian. Perjalanan ke sejumlah negara di Samudera Pasifik tengah dan selatan, termasuk Fiji, mengawali produksi film ini.

Tim produksi dalam mengembangkan cerita "Moana" kemudian berdiskusi dengan para pakar arkeologi dan antropologi, nelayan, serta seniman tatto yang mereka sebut sebagai "Ocean Story Trust". Disney juga selalu rinci dalam setiap inci, termasuk dari segi desain, untuk mempertajam karakter tokoh di dalam film.

Benar, proses produksi "Moana" berawal dari story development team. Kemudian, visual department, modelling department, rigging team, look departemen, layout department, animator team, tech animator team, effect department, dan berujung pada lighting department.

Tidak perlu diragukan lagi aspek visual pada film ini. Bahkan, "Moana" bisa disebut film animasi Disney yang menampilkan visualisasi sangat real. Terlihat dari kulit dan rambut para karakter hingga gerakan dan kemilau air laut yang tertempa sinar matahari.

Luar biasa. Proses produksi "Moana" memakan waktu 5 tahun tahun dan melibatkan lebih dari 800 seniman dari 25 negara. Film ini disutradarai duet Ron Clements dan John Musker yang sebelumnya telah sukses dengan The Little Mermaid dan Aladdin. (diy)

 

#Moana #Walt Disney Pictures
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan