Mitos Tentang Tidur yang Perlu Kamu Tahu, Nomor 4 Paling Berbahaya! Pelajari hal mengenai mitos tidur agar tidurmu lebih nyenyak. (Foto: usatoday.com)

TIDUR merupakan kegiatan terbaik yang bisa dilakukan manusia untuk beristirahat. Memiliki tidur yang cukup dapat membuat tubuh kita lebih sehat, dan juga mengembalikan energi dalam hidup kita. Namun, ada beberapa hal terkait tidur yang tidak berujung baik untuk kesehatan tubuh kita, apa sajakah itu?

1. Tidur kurang dari lima jam

Mitos Tentang Tidur yang Perlu Kamu Tahu, Nomor 4 Paling Berbahaya!
Tidur kurang dari lima jam sangat berbahaya untuk tubuhmu. (Foto: express.co.uk)

Mulai dari Perdana Menteri Inggris, Margaret Thatcher sampai Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengakui tidur selama empat jam sehari menjadi salah satu kunci kesuksesan mereka.

Namun, mitos tidur kurang dari lima jam setiap hari yang dianggap baik bagi kesehatan, adalah salah besar. Dilansir dari bbc.com, para peneliti mengatakan bahwa mitos mengenai tidur kurang dari lima jam dapat mengakibatkan bahaya yang sangat fatal bagi tubuh.

Baca Juga:

Setop Konsumsi Obat Tidur, Efek Sampingnya Bahaya

Tips Mudah Tidur Bagi Kamu yang Kesulitan Memejamkan Mata

Dr. Rebecca Robbins mengatakan, bahwa tidur kurang dari lima jam dapat mengakibatkan penyakit kardiovaskular. Di mana hal tersebut memicu penyakit jantung, stroke, serta umur hidup yang pendek.

2. Minum Alkohol sebelum tidur baik untuk kesehatan

Mitos Tentang Tidur yang Perlu Kamu Tahu, Nomor 4 Paling Berbahaya!
Minum alkohol sebelum tidur memang membantu kamu tidur. (Foto: medical news today)

Mitos mengenai minum segelas wine, whiskey, atau bir sebelum tidur dikatakan baik untuk kesehatan, ternyata merupakan sebuah kesalahan.

Menurut Dr. Rebecca Robbins, minuman beralkohol memang bisa membantu kamu tidur, tetapi itu akan mengurangi kualitas tidur kamu. Hal itu akan menganggu tahap tidur rapid eye movement (REM), yang mana penting untuk penyerapan informasi dan daya ingat kamu.

Alkohol juga bersifat diuretik, sehingga kamu akan mudah buang air kecil ketika tidur dan pada gilirannya itu akan mengganggu kualitas tidurmu.

3. Menonton TV sebelum tidur

Mitos Tentang Tidur yang Perlu Kamu Tahu, Nomor 4 Paling Berbahaya!
Menonton tv sebelum tidur dapat menimbulkan stress dan insomnia. (Foto: KelowNanow)

Dr. Robbins juga mengatakan, menonton TV sebelum tidur malah mengakibatkan insomnia. Bahkan melihat layar sebelum tidur bukannya memberikan relaksasi sebelum tidur, melainkan menyebabkan insomnia, stres, serta banyak pikiran.

Baca Juga:

Semakin Gemuk Semakin Susah Tidur, Apa Iya?

Tidur dengan Lampu Menyala Sebabkan Banyak Dampak Negatif

Ini juga berlaku pada layar tablet dan ponser pintar kamu, menyebabkan mata terpapar cahaya biru yang bisa menunda produksi hormon melatonin tubuh.

4. Mendengkur

Mitos Tentang Tidur yang Perlu Kamu Tahu, Nomor 4 Paling Berbahaya!
Mendengkur dapat menjadi gejala pernapasan. (Foto: snoringdevicaustalia.com)

Ketika seseorang tidur lalu mendengkur memang tidak berbahaya dan seringkali kita menganggap orang yang mengalaminya sedang kelelahan. Namun perlu diperhatikan, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki gangguan tidur apnea (masalah pernapasan).

Ini dapat mengakibatkan dinding tenggorokan kamu terasa tajam ketika tidur, dan dapat membuat manusia tiba-tiba berhenti bernapas ketika tidur.

Orang yang memiliki kebiasaan mendengkur ketika tidur cenderung lebih memiliki tekanan darah yang tinggi, dan detak jantung yang tidak stabil. Sehingga mereka yang mendengkur saat tidur lebih memungkinkan untuk terkena serangan jantung dan stroke. (shn)



Ananda Dimas Prasetya