Mitos Air Situ Rawa Cipondoh Bisa Mengobati Penyakit

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Jumat, 13 Januari 2017
Mitos Air Situ Rawa Cipondoh Bisa Mengobati Penyakit
Tempat wisata air Situ Rawa Cipondoh di Kota Tangerang. (MP/Widi Hatmoko)

Air dari salah satu tempat wisata air, yaitu Situ Rawa Cipondoh yang lokasinya di seberang Kantor Camat Cipondoh, Kota Tangerang ternyata memiliki mitos bisa untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Proses penyembuhan air dai Situ Rawa Cipondoh ini, adalah dengan cara diminum.

Roni (32), salah seorang warga yang pernah menyembuhkan penyakit dengan minum air dari Situ Rawa Cipondoh mengaku, ia mengetahui jika air situ yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata air di Kota Tangerang ini dari warga yang bermukim di sekitar Situ Rawa Cipondoh.

"Dikasih tahu sama warga sini aja, katanya kalau sakit suruh minum airnya. Tapi beneran, habis minum air dari Situ Rawa Cipondoh berangsur-angsur sembuh. Waktu itu sih sakit demam gitu," ujar Roni kepada merahputih.com, Jumat (13/1).

Tempat wisata air Situ Rawa Cipondoh yang dipercaya airnya bisa menyembuhkan penyakit.(MP/Widi Hatmoko)

Sumi (30), salah seorang petugas pengelola Situ Rawa Cipondong membenarkan jika ada masyarakat yang memitoskan air dari tempat wisata air situ rawa cipondoh bisa buat menyembuhkan penyakit. Sumi juga mengaku pernah melihat ada warga yang sakit dan sudah berkali-kali ke dokter tidak sembuh, tapi setelah ia minum air Situ Rawa Cipondoh berangsur-angsur sembuh.

"Sebenarnya mitos aja sih, buat yang percaya. Dan memang pernah ada, berkali-kali ke rumah sakit tidak sembuh, begitu minum air dari situ, eh katanya sembuh," katanya.

Berbeda dengan apa yang diungkapkan Dadang (45), salah seorang warga yang biasa mencari tutut di Situ Rawa Cipondoh. Menurutnya, mitos minum air Situs Rawa Cipondoh adalah tidak masuk akal. Terlebih air di situ tersebut sekarang keruh dan kotor. "Ah, mitos aja itu. Masak sakit minum air rawa, sakit mah ke dokter," katanya.

#Situ Cipondoh Tangerang #Tangerang #Wisata Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan