Mitos Air Sakti Situ Biru Cilembang Situ Biru (Foto: Instagram/khalisdwi)

POTENSI wisata alam lokal yang memesona tersebar di penjuru Indonesia. Salah satunya Situ Biru Cilembang, berlokasi di Kampung Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buah Dua, Sumedang, Jawa Barat. Meski akses jalan yang ditempuh cukup sulit, namun pelan tapi pasti Situ Biru Cilembang mulai dibanjiri pengunjung dari antero Nusantara.

Wisata Situ Biru Cilembang sendiri merupakan sumber mata air, tetapi belum begitu banyak terjamah masyarakat luas. Maka tak heran jika air di Situ Biru Cilembang sangat bersih dan banyak orang yang meminumnya langsung tanpa dimasak terlebih dahulu.

Namun, air di Situ Biru Cilembang bukanlah air biasa, melainkan air yang dipercaya sebagai "air sakti". Hal itu bukan tanpa alasan. Pasalnya, berdasarkan penuturan warga setempat, air di Situ Biru Cilembang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Situ Biru Cilembang
(Foto: MP/Raden Yusuf Nayamenggala)

"Waktu itu sih ada orang yang ke sini niatnya mau ngobatin kakinya yang enggak bisa jalan, biar sembuh. Eh katanya alhamdulillah pas udah tiga kali bolak-balik ke sini sekarang udah bisa jalan lagi. Nah, dari situ deh banyak warga setempat sama pengunjung yang percaya mitos kalau air di Situ Biru Cilembang ini punya khasiat yang luar biasa," tutur Bu Tini, pedagang di Situ Biru Cilembang.

"Kesaktian" air Situ Biru Cilembang tidak hanya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berdasarkan hasil wawancara tim MerahPutih.com pada salah satu pengunjung, air Situ Biru Cilembang juga dipercaya ampuh untuk pasangan suami istri yang sulit memiliki keturunan.

"Saya menikah udah sekitar satu tahun lebih mas, udah nyoba berbagai cara tapi belum 'isi' juga. Nah, waktu saya main ke Situ Biru Cilembang, saya minum airnya dan niat dalam hati pengen cepet punya anak. Enggak disangka-sangka sekitar satu minggu setelah ke sana alhamdulillah saya langsung hamil mas. Makanya saya jadi sering ke sini," ujar Lulu, pengunjung Situ Biru Cilembang.

Itulah sebagian mitos yang berkembang di masyarakat tentang Situ Biru Cilembang. Yang namanya mitos belum tentu benar. Semua kembali kepada diri Anda masing-masing, mau percaya atau tidak akan hal-hal berbau mistis tersebut. (Ryn)

Baca juga artikel tentang situ lainnya di Indonesia berikut ini: Wisata Sore Di Situ Gede Tasikmalaya.



Asty TC

LAINNYA DARI MERAH PUTIH