Misteri Monyet Putih Seukuran Manusia di Curug Cigamea Curug Cigamea, Bogor, Jawa Barat. (Foto: MerahPutih/Fachruddin Chalik)

MerahPutih Wisata - Curug Cigamea yang memiliki keindahan alam dengan waran hijau dan air terjun nan cantik ternyata menjadi daya tarik yang kuat untuk menarik minat para wisatawan lokal dan mancanegara. Namun dibalik itu semua ternyata Curug Cigamea yang terletak di lereng Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat ini menyimpan banyak cerita mistis.

Curug Cigamea ternyata menjadi salah satu tempat wisata bagi mereka yang ingin melakukan pesugihan, hal itu diungkapkan langsung oleh Herman, seorang warga setempat yang mengais nfkah di lokasi wisata Curug Cigamea. "Banyak yang datang ke sini dengan niat lain, selain ingin berwisata, ada yang datang dengan niat mencari harta, dan mereka datang dari jauh-jauh, Kalimantan, Bali, Sulawesi," ujar Herman.

"Selain yang cari harta untuk pesugihan, ada juga yang mengejar jabatan, mencari kedudukan dan tahta dalam kedudukan sosial atau pekerjaannya, ya semua kembali kepada niat dari yang hajat, apa tujuan mereka datang ke sini," tambah Herman.

http://server10.merahpoetih.com/gallery/public/2016/09/06/Ov7WIxywdu1473149152.jpg

Keunikan lain yang ada di Curug Cigamea ialah, karena tempat wisata satu ini dihuni oleh puluhan jenis spesies kera yang berasal dari hutan di Gunung Salak. Menurut warga sekitar, keberadaan monyet-monyet disekitar tempat wisata tersebut sudah banyak sejak dulu dan bertahan hingga saat ini.

Menurut Herman, kerajaan kera yang ada di Curug Cigamea ini juga yang kerap dijadikan tujuan para peziarah seperti untuk pesugihan. Diterima atau tidaknya persembahan seseorang yang melakukan ritual, biasanya dilihat dari respon para kera yang dianggap sebagai perantara ritual.

"Biasanya monyet-monyet ini yang dijadikan perantara untuk menerima sesajen yang disediakan para peziarah. Cuma tidak sembarang monyet, biasanya monyet yang diutus itu monyet berpostur besar-besar, hampir seukuran setengahnya manusia, atau sebesar anak kecil usia tujuh tahun, atau kalau beruntung sesajennya akan diterima oleh monyet putih, cuma jarang sekali monyet putih turun ke sini. Seumur hidup saya sendiri, baru 5-6 kali melihat keberadaan monyet putih itu," ujar Herman.

BACA JUGA:

  1. Berwisata Melihat Keunikan Curug Cigamea di Bogor
  2. Melancong ke Pulau Kenawa, Surganya Sumbawa
  3. Wisata Laut Pulau Menjangan di Taman Nasional Bali Barat
  4. Kolbano, Pantai Unik Bertabur Batu Warni-Warni
  5. Wisata Sejarah di Museum Gudang Ransum Sumatera Barat

Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH