Misteri Keraton di Curug Kondang

Ana AmaliaAna Amalia - Kamis, 17 November 2016
Misteri Keraton di Curug Kondang
Curug Kondang/Bogor Jawa Barat/ Foto: MP/Noer Ardiansyah

MerahPutih Budaya - Selain menyajikan pemandangan yang indah dan ketenangan alamnya, ternyata Curug Kondang tak luput dari kisah misteri yang hingga kini masih diyakini oleh sebagian masyarakat.

Bahkan, menurut penuturan salah satu warga yang disampaikan oleh sesepuh setempat, di sekitar lokasi curug terdapat sebuah keraton yang di mana masih berkaitan dengan Kerajaan Pajajaran era Sribaduga Maharaja Pakuan Haji Siliwangi.

"Kalau dari penuturan Abah Mulk, ada sebuah keraton di sekitar curug. Dulu pernah ada pengunjung wanita dari Bandung. Ketika melihat curug, justru yang dilihat bukan curug melainkan sebuah kujang dan ada keratonnya," kata Zaenal selaku warga setempat yang juga menjadi Kepala Tim Penyelamatan Curug Kondang kepada MerahPutih.com di lokasi curug, Desa Gunungsari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat, beberapa hari yang lalu.

Adapun daerah kekuasaan Kerajaan Pajajaran, tambah Zaenal, meliputi semua yang ada di sekitar Gunung Salak dengan singgasananya berada di sekitar Batu Tulis, Bogor. "Kerajaan Pajajaran dulu meliputi Gunung Salak. Pengunjung di sini sering melihat sosok perempuan dengan dandanan pengantin," tambahnya.

http://server5.merahpoetih.com/gallery/public/2016/11/16/CMnKALsor61479313483.jpg

Curug Kondang, Bogor layak jadi destinasi wisata bagi para pencari ketenangan (Foto: MP/Noer Ardiansyah)

Selain keraton, Zaenal juga menjelaskan bahwa di sekitar curug dijaga oleh seorang wanita cantik yang berbadan ular.

"Hanya kepalanya saja yang berbentuk manusia. Dan itu masih berhubungan dengan Kerajaan Pajajaran. Pernah ada tim dari uji nyali yang menggambar sosok wanita itu dengan di sisinya ada harimau yang kami yakini adalah maung Prabu Siliwangi," jelasnya.

Karena itu, untuk menghormati sang penunggu, Zaenal beserta pengelola Curug Kondang selalu mengimbau para pengunjung untuk menjaga kebersihan dan menghindari perbuatan asusila di sekitar lokasi.

"Pesan kami agar para pengunjung jangan sembarangan, harus sopan. Jangan berpacaran sampai melewati batas. Dan terakhir, jangan buang sampah sembarangan. Percaya atau tidak, kalau ada pengunjung yang buang sampah sembarangan, terkadang diserbu monyet," imbuhnya. (Ard)

BACA JUGA:

  1. Yuk, Backpacker Murah ke Curug Cigamea
  2. Kisah Mistis di Balik Pesona Curug Seribu
  3. Pesona Eksotis yang Penuh Mistis Curug Seribu
  4. Jalur Ekstrem dan Sejuta Pesona Curug Seribu
  5. Curug Ngumpet Banyak Dicari Pelancong di Bogor
#Curug Kondang
Bagikan
Ditulis Oleh

Ana Amalia

Happy life happy me
Bagikan