Missy Elliott Jadi 'Rapper' Perempuan Pertama yang Masuk 'Songwriters Hall Of Fame' Missy Elliott selalu penuh semangat di setiap penampilannya (foto: nbcconnecticut.com)

RAPPER asal Virginia Amerika, Missy Elliot, segera mencetak sejarah baru sebagaimana namanya akan dilantik sebagai artis hip-hop perempuan pertama di Songwriter Hall of Fame, sebuah penghargaan untuk mereka yang karyanya mewakili dan mempertahankan warisan dari spektrum lagu-lagu yang paling dicintai dari buku lagu musik populer di dunia. Missy Elliott, yang juga seorang produser sekaligus penulis lagu, pernah lima kali memenangkan Grammy Awards sepanjang karirnya, jadi kamu tak perlu heran mengapa namanya akan masuk dalam daftar bergengsi di dunia showbiz tersebut.

Missy Elliott telah menjadi kekuatan yang mendominasi dalam hip-hop selama tiga dekade, dengam lagu hits klasik seperti "Get Ur Freak On", "Work It", dan "Lose Control". Sedangkan di belakang layar, ia telah menyumbangkan keterampilan menulis lagunya ke sejumlah musisi besar termasuk diantaranya Whitney Houston, Beyoncé, Mary J. Blige dan Janet Jackson. Elliott adalah rapper ketiga yang dilantik pada Songwriter Hall of Fame, menyusul Jermaine Dupri dan Jay-Z.

Songwriters Hall of Fame menggambarkan Elliott sebagai "salah satu artis perempuan paling signifikan dalam sejarah musik kontemporer" dan "ikon budaya". Ia merilis album solo debutnya yang dipuji banyak pihak, Supa Dupa Fly, pada tahun 1997 - membuka jalan bagi serangkaian singel hit "The Rain (Supa Dupa Fly)", "Sock It 2 Me", "Hit Em Wit Da Hee", dan "Beep Me 911". Pada 1999, Elliott merilis album keduanya, Da Real World, di mana dalam album tersebut terdapat lagu yang masuk chart U.S. R&B hit dan menduduki peringkat nomor wahid dengan lagu "Hot Boyz (Remix)".

Pada tahun 2002, Elliott menerima penghargaan Grammy pertamanya untuk Best Rap Performance di lagu "Get Ur Freak On", lagu yang melambungkan namanya dari album di tahun 2001, lagu yang sangat adiktif kala itu. "Work It", single terkemuka dari album studio keempatnya yang bertajuk Under Construction, menghabiskan 10 minggu di peringkat No. 2 di Billboard Hot 100 dan menerima penghargaan Grammy untuk Penampilan Solo Rap Wanita Terbaik. Album studio keenam Elliott, The Cookbook, terdiri dari single yang masuk nominasi Grammy berjudul We Run This dan lagu terkenal yang kerap dinyanyikan penggemar secara bersamaan berjudul "Lose Control".

Missy Elliott juga satu-satunya rapper perempuan yang memiliki enam album yang semuanya mendapatkan sertifikasi platinum. Baru-baru ini, ia tampil di Super Bowl XLIX 2015 Halftime Show bersama artis utama Katy Perry. Dia juga tampil dengan artis perempuan lain untuk lagu "This Is For My Girls", sebagai bagian dari inisiatif pergerakan yang dibuat oleh mantan ibu negara Amerika, Michelle Obama, Let Girls Learn dan #62MillionGirls Campaign, yang ditargetkan untuk meningkatkan kesadaran tentang kurangnya pendidikan di kalangan anak perempuan di seluruh dunia.

Missy Elliott dikabarkan akan menerima penghargaan resminya 50th Annual Induction and Awards Dinner di Marriott Marquis Hotel New York, pada 13 Juni mendatang. (ADP)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH