Miryam dan Sepuluh Tahanan Korupsi Dipastikan Huni Rutan Baru KPK

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 06 Oktober 2017
Miryam dan Sepuluh Tahanan Korupsi Dipastikan Huni Rutan Baru KPK
Suasana peresmian Rumah Tahanan (rutan) Negara Klas 1 Jakarta Timur cabang KPK, Jumat (6/10). (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah meresmikan Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Jakarta Timur, Cabang Rutan KPK yang berada di belakang Gedung Merah Putih KPK, Kunin‎gan, Jakarta Selatan.

Rutan baru KPK itu memiliki luas 839,4 meter persegi dan terdiri dua lantai. Rutan tersebut dapat menampung 37 tahanan, dengan rincian 29 pria dan 8 wanita.

Ketua KPK Agus Ra‎hardjo mengatakan, penghuni perdana yang akan menempati rutan baru tersebut ialah para tahanan yang saat ini berada di rutan cabang gedung lama KPK. Menurutnya, pemindahan para tahanan itu akan dilakukan pada Jumat (6/9) sore nanti.

"Tahanan dari C1 (KPK gedung lama) nanti dipindahkan ke sini. Nanti sore mudah-mudahan sudah bisa dipindahkan," kata Agus.

Adapun, terdapat 11 tahanan yang akan dipindahkan dari Rutan C1 ke rutan baru di Gedung Merah Putih KPK. Kesebelas tahanan tersebut terdiri dari lima wanita dan enam pria.

Kesebelas tahanan tersebut yakni, Wali Kota Tegal non-aktif, Siti Masitha Soeparno; ‎Anggota DPR, Miryam S Haryani; Hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu non-aktif, Dewi Suryana; PNS, Syuhadatul Islamy; dan Sekretaris CV Sumber Laut Perkasa, Ng Fenny.

Kemudian untuk yang pria yakni, pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong; Auditor BPK, Rochmadi Saptogiri; Panitera Pengganti PN Bengkulu, Hendra Kurniawan; Direktur Utama PT Aqumarine Divindo Inspection, Yunus Nafik; Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi; dan Sujendi Tarsono.

Agus menjelaskan, pihaknya masih memiliki tempat penitipan tahanan lainnya apabila rutan baru tersebut kelebihan kapasitas‎. Rutan tersebut yakni di Pomdam Jaya Guntur, Salemba, Cipinang, Polres Jakarta Selatan, dan Polres Jakarta Pusat.

"Kalau over (kapasitas) kita masih kerja sama dengan tempat lain. Jadi, kita masih kerja sama dengan (rutan) Guntur, Cipinang, Salemba, Polres Jaksel, dan Polres Jakpus," katanya. (Pon)

Baca berita terkait Rutan KPK lainnya di: Agus Rahardjo Resmikan Rutan Baru KPK

#Miryam Haryani #Rutan KPK
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan