Mirip Corona, Film-Film  Kisahkan Virus yang Menghancurkan Kota Film Contagion disebut mirip dengan wabah corona (Sumber: Warner Bros)

COVID-19 atau corona kini tengah menjadi headline di seluruh dunia. Ribuan orang dari berbagai belahan bumi menjadi korban keganasannya. Begitu banyaknya pasien membuat penyakit ini 'melumpuhkan' perekonomian, kehidupan sosial dan perpolitikan 117 negara.

Jauh sebelum virus corona ini mewabah dan membuat semua negara dalam posisi lockdown, sejumlah film telah mengangkat kisah virus yang mengacaukan sebuah kota bahkan negara. Berikut film tentang virus mematikan:

Baca Juga:

Dari Menganggap Remeh Corona Hingga Lockdown, Cerita Mahasiswa Indonesia di Italia

1. World War Z

Film ini mengisahkan tentang mantan karyawan PBB, Gerry Lane dan istrinya bersama putri mereka terjebak di kemacetan lalu lintas Philadelphia yang disebabkan oleh zombie. Dalam sekejap, kota tersebut menjadi kacau. Ketika kekacauan menyebar, keluarga Lane melarikan diri ke New Jersey dan berlindung di sebuah apartemen. Wakil Sekretaris Jenderal PBB, Thierry Umutoni, teman lama Gerry mengirim sebuah helikopter yang mengevakuasi Gerry dan membawanya ke kapal Angkatan Laut Amerika Serikat di Atlantik, tempat para ilmuwan dan anggota militer menganalisis wabah yang menyebar di seluruh dunia.

2. Contagion

Sepulangnya dari perjalanan bisnis di Hong Kong, Beth Emhoff singgah ke Chicago untuk bertemu mantan kekasihnya. Dua hari kemudian, ia kejang-kejang dan pingsan di rumahnya di pinggiran kota Minneapolis. Sang suami, Mitch Emhoff membawanya ke rumah sakit. Sayangnya, ia meninggal tanpa sebab yang jelas. Usai sang istri meninggal, Mitch kembali ke rumah dan mendapati anak tirinya, Clark meninggal dengan gehala serupa. Khawatir tertular, Mitch dimasukkan ke ruang isolasi namun ternyata ia kebal dan dibebaskan. Seorang petugas Epidemic Intelligence Service, Dr. Erin Mears ke Minneapolis untuk menyelidiki wabah itu di Beth. Mears kemudian terinfeksi dan mati. Ketika virus mulai menyebar, Chicago ditempatkan di karantina. Penjarahan dan kekerasan pun menghiasi kota. Ilmuwan, Dr. Ally Hextall pun menentukan virus itu merupakan campuran bahan genetik dari virus babi dan kelelawar yang disebut virus MEV-1.

3. Blindness

Blindness merupakan film yang diadaptasi dari novel Portugis karya Jose Saramago. Seorang pria Jepang tiba-tiba menjadi buta saat sedang menyetir di mobilnya. Istrinya membawa ia ke dokter spesialis mata namun dokter yang memeriksanya tidak menemukan masalah apapun dan memberi rujukan untuk evaluasi lebih lanjut. Keesokan harinya, seorang dokter buta dan mengakui bahwa itu disebabkan oleh penyakit menular. Tak berapa lama, semakin banyak warga yang menjadi buta di kota tersebut. Itu menyebabkan kepanikan yang meluas. Pemerintah pun membuat karantina untuk mereka yang tiba-tiba mengalami kebutaan. Semakin banyak orang buta yang dimasukkan ke karantina tersebut membuatnya nampak seperti kamp konsentrasi. Kepadatan pendudukan yang berlebihan serta kurangnya dukungan dari luar menyebabkan kebersihan dan kondisi masyarakat menurun. Kegelisahan akan ketersediaan makanan pun merusak moral dan menimbulkan konflik.

Baca Juga:

Pesan Menyentuh dari Mereka yang Tak Bisa Work from Home

4. Deranged

Film asal Korea Selatan in mengisahkan tentang sebuah wabah penyakit yang disebabkan oleh parasit. Penyakit itu menyebabkan para penderitanya mengalami dehidrasi parah. Begitu parahnya hingga mereka ingin menenggelamkan dirinya ke dalam air. Seorang profesor bernama Jae-hyuk memanfaatkan kemampuannya untuk menghentikan wabah tersebut setelah melihat negaranya sedang kacau balau.

5. Train to Busan

Film asal negeri ginseng yang juga mengangkat kisah infeksi virus adalah Train to Busan. Berbeda dengan Deranged, korban yang terinfeksi virus akan berubah menjadi zombie. Dalam waktu singkat, seluruh wilayah Korea Selatan pun mendapat serangan zombie yang begitu luar biasa.

6. Outbreak

Ketika penyakit hemorrhagic merebak di kota kecil di Amerika, para ilmuwan berpacu dengan waktu untuk menghentikan penyebarannya. Sayangnya, mereka juga harus berurusan dengan Jenderal Angkatan Darat yang menginginkan virus itu sebagai senjata dan bertekad untuk mencegah penyembuhannya. Sang sutradara, Wolfgang Petersen ternyata terinspirasi oleh sejarah penyebaran virus ebola. (avia)

Baca Juga:

Ini Alasan Pemulihan Corona di Korea Selatan Berlangsung Cepat

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH