Parenting
Minyak Telon atau Losion, ini Pilihan Tepat untuk Kulit Bayi Lembap Terawat Kulit bayi yang lebih tipis rentan terkena iritasi. (foto: pixabay/bizzari)

BAGI bayi, kulit merupakan perlindungan pertama mereka dari dunia luar. Bayi yang baru lahir umumnya memiliki selaput yang berfungsi melindungi kulit si kecil. Seiring waktu, selaput itu akan mengelupas. “Bayi butuh beradaptasi, dari lingkungan dalam kandungan yang terendam air ke udara terbuka. Paparan udara terbuka ini rentan membuat kulit bayi jadi kering,” jelas dokter kulit dr Arini Astasari Widodo SpKK saat berbicara pada webinar Baby Skin 101, Selasa (2/11).

Meski menjadi perlindungan pertama, kulit bayi lebih tipis 30 persen daripada kulit dewasa. Karena masih berkembang, kulit bayi amat mudah kehilangan kelembapan. Penelitan klinis mengungkapkan 63 persen bayi punya kulit kering. Untuk kulit bayi yang lebih lembut dan rentan terhadap kekeringan dan risiko iritasi, perawatan ekstra lembut untuk menutrisi, melembapkan, dan melindungi kulit bayi amatlah diperlukan.

BACA JUGA:

Formula Baru untuk Kulit Bayi Lembut dan Sehat

Di Indonesia, para ibu umumnya menggunakan minyak telon sebagai perawatan kulit rutin harian bagi bayi. Minyak telon umumnya terdiri dari campuran minyak kelapa, minyak adas, dan minyak kayu putih. Para ibu acap mengoleskan minyak telon pada seluruh tubuh bayi selepas mandi atau menjelang tidur. Wangi khas menjadi salah satu alasan minyak telon kerap digunakan pada bayi. Selain itu, telon dipercaya memberikan kehangatan bagi bayi.

“Jangan salah ya, minyak telon memang memberikan efek hangat, tapi itu merupakan reaksi inflamasi ringan pada kulit,” kata Arini saat menjawab Merahputih.com pada acara tersebut. Seperti dilansir laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), minyak telon bekerja dengan memperlebar pembuluh darah lokal. Hal itu menimbulkan sensasi hangat. “Sensasi itu tak bertahan lama. Hanya saat pembuluh darah melebar,” imbuhnya.

minyak telon
Minyak telon bisa menyebabkan iritasi. (foto: christin-hume/unsplash)

IDAI bahkan menyebut minyak telon tergolong sebagai bahan iritan. Oleh karena itu, pemakaian minyak telon secara berlebihan dapat menimbulkan ruam kulit pada bayi. “Para ibu harus amat berhati-hati menggunakan minyak telon pada bayi. Minyak campuran ini bisa mengiritasi kulit bayi, apalagi yang baru lahir,” pesan Arini.

Lebih jauh, ia menjelaskan minyak telon kurang aman bagi kulit bayi dengan kondisi tertentu, misal bayi prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, juga anak dengan kondisi kulit seperti eksema. “Perkembangan kulit pada bayi dengan kondisi tersebut belum sempurna sehingga lebih baik untuk tidak menggunakan minyak telon secara rutin,” imbuhnya.

Alih-alih menggunakan minyak telon, Arini amat menyarankan penggunaan losion khusus bayi untuk menjaga kelembapan kulit si kecil. “Pilih produk dengan bahan-bahan yang cocok digunakan untuk bayi. Sebaiknya bayi juga menggunakan produk-produk yang hypoallergenic yang dapat melindungi dari risiko alergi dan iritasi pada kulit bayi,” sarannya.

Selain penggunaan minyak telon, Arini juga mengatakan penggunaan sabun antiseptik pada bayi amat tidak direkomendasikan. Selain itu, para ibu juga diminta menghindari menggunakan produk-produk dewasa untuk bayi. “Ini sesuatu yang mungkin baik untuk diedukasi tentang pemakaian telon karena sebenarnya untuk pemakaian rutin tidak dianjurkan,” ujar Arini.

Produk bayidengan kandungan protein susu yang diperkaya ekstrak beras dan vitamin E, C, dan pro-vitamin B5 serta mineral bisa jadi pilihan untuk menjaga kelembapan kulit bayi.

johnson and johnson's
Pilih produk bayi dengan kandungan hypeallergenic. (foto: dok Johnson & Johnson)

Protein susu mengandung polipeptida aktif yang dapat memelihara kulit, membantu meningkatkan level energi dan aktivitas sel kulit, dan membantu meningkatkan pertumbuhan kulit. Ekstrak beras mengandung hydrolyzed rice bran protein dengan aktivitas antioksidan tinggi yang dapat melembutkan kulit bayi dan melindungi kulit dari kerusakan luar seperti kulit kering dan risiko iritasi. “Perlindungan optimal terhadap kerusakan kulit mikro bisa diperoleh dengan menggunakan produk sabun dan losion yang diformulasi khusus untuk bayi secara bersamaan,” kata ilmuwan senior dari Johnson & Johnson R&D Malaysia Kin Fuei.

Menurutnya, kedua produk itu akan memberikan perlindungan optimal terhadap risiko kerusakan pada kulit yang tidak terlihat oleh mata. Kondisi itu umumnya berhubungan dengan kekeringan dan paparan yang dapat menyebabkan risiko iritasi.

Artis Tasya Kamila, brand ambasador Johnson’s, yang hadir di acara yang sama berbagi pengalaman dalam merawat kulit lembap si kecil. “Aku dapat tips dari dokter supaya kulit bayi enggak kering. Setelah mandi, dalam keadaan kulit lembap, setelah aku tepuk-tepuk dengan handuk, kulit Arrasya, anakku, aku olesin losion. Wanginya bikin gemes “ kata Tasya.(Dwi)

Penulis : Dwi Astarini Dwi Astarini
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hal Menarik untuk Disimak Sebelum Nonton 'Thor: Love and Thunder'
ShowBiz
Hal Menarik untuk Disimak Sebelum Nonton 'Thor: Love and Thunder'

'Thor: Love and Thunder' disutradarai oleh Taika Waititi.

'Overthinking', Kisah Percintaan ala Marion Jola
ShowBiz
'Overthinking', Kisah Percintaan ala Marion Jola

Amat relate dengan kisah cinta banyak orang.

Realme Perkenalkan Smartphone Premium GT 2 Pro
Fun
Realme Perkenalkan Smartphone Premium GT 2 Pro

Ponsel premium Realme terbuat dari bahan baku ramah lingkungan.

Hyundai Ioniq 5 Uji Coba Otonom Level 4, Bisa Dikendarai Tanpa Pengemudi
Hiburan & Gaya Hidup
Hyundai Ioniq 5 Uji Coba Otonom Level 4, Bisa Dikendarai Tanpa Pengemudi

Hyundai Ioniq 5 akan menggunakan Robotaxi untuk mengemudikan kendaraan secara otomatis.

Tips Ampuh Merawat Kaus Agar Tidak Cepat Rusak
Fashion
Tips Ampuh Merawat Kaus Agar Tidak Cepat Rusak

Setiap pakaian tentu membutuhkan perawatan yang berbeda, termasuk kaus. Apabila salah perawatan, bisa membuat kaus cepat rusak. Mengenai hal itu, brand lokal dan produsen kaos polos premium, Koze Indonesia, memberikan sejumlah tips merawat kaus agar tidak cepat rusak.

Micro-management di Sebuah Perusahaan, Mimpi Buruk Karyawan?
Fun
Micro-management di Sebuah Perusahaan, Mimpi Buruk Karyawan?

Boleh jadi gaya kepemimpinan micro-management tidak baik untuk karyawan.

Tren Wisata Membaik, Asuransi Perjalanan Diprediksi Meningkat
Fun
Tren Wisata Membaik, Asuransi Perjalanan Diprediksi Meningkat

Asuransi perjalanan bikin kamu nyaman berwisata.

Bocoran Drone FPV Terbaru dari DJI
Fun
Bocoran Drone FPV Terbaru dari DJI

Drone yang lebih kecil dan ringkas.

'Lightyear' Rilis Juni 2022
Fun
'Lightyear' Rilis Juni 2022

Lightyear menceritakan sosok Buzz Lightyear sebagai manusia.

Waspada Zoonosis, Peneliti di Australia Temukan Varian Baru Virus Hendra
Fun
Waspada Zoonosis, Peneliti di Australia Temukan Varian Baru Virus Hendra

Zoonosis adalah penyakit yang dapat ditularkan dari satwa liar ke manusia.