Minyak Kelapa Bukan Makanan Kesehatan Minyak kelapa dapat memicu kolesterol jahat. (Foto: Pixabay)

Beberapa tahun terakhir ini minyak kelapa naik daun. Meski dapat melembapkan kulit, menghaluskan rambut dan terakhir disebut-sebut bagus bagi kesehatan tubuh, minyak kelapa ternyata tidak disarankan untuk dikonsumsi.

American Heart Association (AHA) menyebutkan minyak kelapa mengandung 82 persen lemak jenuh. Jika dikonsumsi secara rutin, minyak kelapa dapat memicu penambahan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa dapat disamakan dengan mentega dan daging.

Kolesterol jahat yang dikenal pula dengan low density lipoprotein atau LDL merupakan penyebab utama atherosclerosis, yaitu pengerasan arteri yang dapat memicu serangan jantung, stroke dan penyakit cardiovascular lain.

Peneliti juga menemukan mengganti lemak jenuh dengan minyak yang lebih sehat seperti canola, kedelai, kacang serta biji matahari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Akan tetapi minyak kelapa absen dari daftar bahan makanan sehat.

Anda sendiri percaya dengan penelitian ini? Baca juga makanan pemicu kolesterol lain pada artikel Kolesterol Tinggi? 5 Makanan Ini Bisa Jadi Solusinya.



Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE