Minumlah Air Hangat, Banyak Manfaat di Dalamnya Segelas air hangat di pagi hari dapat membantu tubuh lebih baik. (Foto: shape)

ORANG lebih menyukai air dingin ketimbang air hangat. Air dingin menyajikan kesejukan dan kesegaran. Meminum air dingin apalagi dengan es batu menyingkirkan semua rasa gerah. Jelas membuat air hangat bukan pilihan untuk menyingkirkan rasa haus.

Bila di siang hari air hangat tidak menjadi pilihan, namun air hangat di pagi hari memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Bangun di pagi hari dalam kondisi perut kosong dan meminum air hangat memberikan kelebihan-kelebihan untuk tubuh.

Seperti di laman Medical Daily megungkapkan tulisan dari Stella Mestovacs, pakar di Food and Nutrition Sciences, ternyata air hangat di pagi hari dapat menyingkirkan radikal bebas dari tubuh. Pun membantu memperbaiki usus besar, dengan demikian membantu pencernaan dan buang air besar.


Penuaan

Meminum segelas air hangat di pagi hari ternyata dapat mencegah penuaan dini. Racun yang ada di dalam tubuh dapat dibuang melalui sistem pembuangan. Kemudian dapat pula membantu perbaikan sel-sel kulit yang tentunya mengencangkan kulit.


Baik bagi Wanita

Air hangat memang ajaib dapat mengurangi rasa sakit ketika masa haid pada perempuan. Air hangat membuat otot perut tidak tegang. Tak hanya untuk itu saja, air hangat dapat meringankan bentuk kram lainnya, karena membantu melancarkan jalan darah dan merilekskan otot.


Berat Badan

Mungkin Anda tidak percaya kalau air hangat dapat membantu menurunkan berat badan hanya dengan segelas air hangat di pagi hari. Air hangat akan menaikan suhu tubuh yang juga akan menaikan metabolik tubuh. Dengan demikian tubuh Anda akan membakar kalori sepanjang hari. Bila ditambahkan dengan lemon, maka tubuh akan mampu melebur adipose atau lemak, sebab lemon mengandung serat pektin. Sedangkan dengan teh akan mampu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.


Pencernaan

Pencernaan akan menjadi lebih baik jika meminum segelas air hangat setelah makan. Selain itu makanan akan lebih baik dicernanya. Sebaliknya dengan air dingin makanan lebih susah dicerna. Air dingin dapat mengikat minyak dan lemak sehingga susah dicerna.


Sirkulasi Darah

Timbunan lemak dalam badan akan langsung larut ketika air hangat memasuki sistem tubuh. Tentunya dengan demikian akan melancarkan sirkulasi darah dan membuang racun pula.


Pembuangan

Sembelit bukan masalah lagi bila Anda meminum segelas air hangat di pagi hari. Biasanya seseorang mengalami sembelit karena kekurangan cairan. Dengan demikian air hangat dapat melancarkan semuanya.


Tidur

Segelas air hangat sebelum tidur akan membuat sirkulasi darah lancar dan otot menjadi rileks. Tentunya akan membuat tidur Anda lebih nyenyak. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH