Kuliner

Minuman Persahabatan Orang Flores

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 25 November 2020
Minuman Persahabatan Orang Flores
Moke, minuman alkohol lambang persahabatan orang Flores. (foto: pedoman wisata)

BAGI orang Flores, minuman beralkohol ialah bagian dari persahabatan. Tak sekadar minum, orang Flores membuat minuman beralkohol melekat pada tradisi masyarakatnya. Minuman itu dikenal dengan berbagai nama, yakni sopi, dewe, dan moke. Nama terakhir jadi yang paling akrab di telinga orang Flores. Bahkan, moke jadi ciri khas pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

Moke dibuat dari hasil penyulingan buah dan bunga pohon enau. Proses pembuatannya masih tradisional yang diwariskan secara turun temurun dan masih dilakukan sampai sekarang. Butuh waktu lama untuk menghasilkan sebotol moke. Itulah mengapa butuh keuletan, kesabaran dan keahlian khusus untuk menghasilkan moke yang berkualitas.

pohon enau
Pohon enau sumber nira untuk moke. (foto: youtube)

Pembuat moke harus menunggu tetesan demi tetesan dari alat penyulingan yang menggunakan bambu. Ada dua jenis moke yang lazim dinikmati, yakni moke putih dan moke hitam. Moke putih adalah nira hasil sadapan dari pohon lontar atau pohon enau. Biasanya cairan nira yang manis diolah menjadi gula merah, sedangkan yang ditampung dengan wadah bambu yang tidak bersih sehingga terjadi peragian dan terasa pahit akan dinimun sebagai moke putih atau dimasak jadi moke hitam.

Sementara itu, meskipun namanya moke hitam, sesungguhnya warnanya tidak hitam. Moke hitam seperti air putih dan sedikit kuning. Minuman ini merupakan hasil penyulingan moke putih.

Butuh waktu yang panjang untuk proses penyulingan moke. (foto: Instagram @madep_mburi)

Ada pula moke dengan kualitas terbaik sering disebut masyarakat dengan BM atau bakar menyala. Meski beralkohol moke kualitas terbaik tak memabukkan, malah punya khasiat menyehatkan. Biasanya, moke tersebut disajikan pada akhir pekan dan acara-acara adat, seperti pesta pernikahan. Pada momen itu, moke disajikan sebagai pendamping makanan utama.

Di luar acara adat, moke bisa kamu temukan di berbagai sudut kota maupun desa. Masyarakat Flores sering mengonsumsi moke beramai-ramai. Dalam istilah daerah, hal itu disebut dengan cara melingkar. Sebagai teman minum moke, disajikan aneka camilan atau bahkan makanan khas Flores, seperti ikan kuah asam, ikan bakar, sop kambing, pisang bakar/rebus, dan sambal lemon atau sambal tomat balik.

Penasaran ingin icip? Berkunjunglah ke Flores. Pasalnya, minuman ini tak mendapat izin untuk dijadikan oleh-oleh khas 'Tanjung Bunga'. Jadi pastikan kamu menyesap moke saat berkunjung ke Flores ya. (dwi)

#Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan