Minuman Pagi Hari Selain Kopi dan Teh yang Menyehatkan Minuman yang cocok dikonsumsi di pagi hari (Sumber: Pixabay/freephotocc)

RITUAL apa yang biasa kamu lakukan di pagi hari? Jika semata hanya mandi cepat, sarapan ala kadarnya dan bergegas kerja, mungkin hal tersebut bisa kamu ubah sedikit dengan meminum sesuatu yang sehat di pagi hari.

Saat tidur di malam hari, tubuh akan kekurangan cairan. Karena itu ketika terbangun, penting untuk melembabkan tubuh dengan meminum minuman sehat yang bukan kopi atau teh. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini minuman sehat yang bisa kamu konsumsi di pagi hari.

1. Infused Water

Infused water (Sumber: Pixabay/Rawpixel)
Infused water (Sumber: Pixabay/Rawpixel)

Jika kamu bosan minum air putih di pagi hari, mengapa tidak mencoba menambahkan sesuatu ke dalamnya. Kamu bisa memasukan rempah-rempah, cuka apel, mentimun atau buah-buahan seperti lemon atau jeruk untuk meningkatkan rasa air. Tambahan-tambahan tersebut memiliki manfaat masing-masing.

Lemon dan jeruk mengandung vitamin C. Cuka apel meningkatkan metabolisme, menurunkan tekanan darah dan mempromosikan penurunan berat badan. Mentimun menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mengeluarkan racun. Sementara basil atau mint mengandung sifat antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasi.

2. Teh jahe

Teh jahe (Sumber: Pixabay/congerdesign)
Teh jahe (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Menghirup teh jahe di pagi hari dapat meredakan diare dan perut tidak nyaman. Hal itu karena jahe mengandung gingerol, suatu zat dengan khasiat obat kuat. Jahe juga mengurangi rasa sakit dan nyeri otot. Meminumnya setelah latihan pagi akan menguntungkanmu.

3. Air kelapa

Air kelapa (Sumber: Pixabay/gadini)
Air kelapa (Sumber: Pixabay/gadini)

Meminum air kelapa saat perut kosong di pagi hari bermanfaat bagi kesehatan. Air kelapa mengandung asam laurat yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat metabolisme dan memfasilitasi penurunan berat badan.

Air kelapa juga kaya akan beberapa vitamin dan mineral termasuk elektrolit. Ini mengandung dua elektrolit penting natrium dan kalium yang penting untuk membuat kamu tetap terhidrasi.

4. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi peradangan gastrointestinal. Jus ini sangat bermanfaat bagi mereka penderita sindrom iritasi usus. Hal itu karena lidah buaya membantu melawan dan menyembuhkan pencernaan yang buruk, sembelit, keasaman serta gas dan mengeluarkan racun dari tubuh.

5. Jus sayuran

Jus sayuran (Sumber: Pixabay/marijana1)
Jus sayuran (Sumber: Pixabay/marijana1)

Minum jus alami memberikan tubuh kamu antioksidan dan nutrisi. Tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik ketika sayuran dikonsumsi dalam bentuk jus.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung terbukti meningkatkan tingkat energi tubuh. Pilihlah sayuran yang mengandung banyak zat besi karena mereka membantu memasok oksigen ke sel-sel dan melawan kelelahan di pagi hari.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH