Minuman Kolagen Rahasia Kecantikan Son Ye-jin Son Ye Jin menyapa publik Jakarta dari layar raksasa Studio 1, CGV, Grand Indonesia. (Foto: Piar)

SON Ye-jin mendadak muncul menyapa pengunjung Studio 1, CGV, Grand Indonesia, Jakarta, (18/8). Meski tak lagi belia, bintang Crash Landing on You tersebut tampak segar mengenakan gaun terusan bermotif floral dengan potongan ‘balon’ di bagian lengan. Aktris kelahiran Suseong, Daegu, Korea Selatan, 11 Januari 1982 tersebut berusaha menggunakan bahasa Indonesia meski sedikit terbata ketika menyapa menanyakan kabar. “Apa kabar Indonesia, Jakarta?” kata Ye-jin di layar raksasa kepada para awak media saat jumpa pers peluncuran minuman kolagen NutriVille.

Di layar, Ye-jin tampak prima meski belakangan cuaca di Korea Selatan sering turun hujan berintensitas tinggi bahkan menimbulkan banjir. Di saat seperti itu, menurutnya, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan ditambah pandemi meski sudah melandai tetapi belum berakhir sehingga perlu bagi setiap orang meningkatkan imun tubuh serta merawat diri secara berkala, dan terpenting istirahat cukup.

BACA JUGA:

Jaga Gizi Anak di Masa Pandemi

Dengan menyandang predikat sebagai aktris tersohor dengan segudang kegiatan, Ye-jin enggan menjadi silap perkara istirahat demi bisa tidur cukup dan berkualitas. "Hal paling penting ialah tidur secukupnya, ini penting buat saya dan keluarga agar tetap sehat," katanya tegas. Ketika seseorang kurang tidur, sambungnya, sangat berpengaruh tak hanya pada kesehatan jasmani, mental, dan tentu saja bagi kesehatan kulit.

Pandemi mengajarkan banyak orang untuk hidup seimbang agar kesehatan tubuh dan mental terjaga sehingga energi positif bisa terus memancar ke setiap orang di lingkungan sekitarnya. Banyak orang di kala pandemi akhirnya bisa berkonsentrasi merawat diri sendiri, baru melanjut pada orang terdekat, kemudian lingkungannya.

son ye jin
Son Ye Jin jadi Brand Ambassador produk pertama Indonesia. (Foto: Piar)

“Bagi saya merawat diri itu penting sekali sebagai langkah awal menyayangi diri kita seutuhnya. Karena itu, penting untuk berolahraga, banyak minum air, menjalankan pola makan sehat, dan mengonsumsi minuman kolagen,” papar Ye-jin mengimbau banyak orang terutama perempuan untuk merawat diri tengah pandemi dan perubahan iklim, kemudian meneguk NutriVille.

Penampilan Ye-jin di layar Studio 1, CGV, Grand Indonesia, memang bukan semata-mata menyapa para penggemar di Jakarta. Istri Hyun Bin tersebut tampil sebagai brand ambassador NutriVille. Minuman kolagen dengan dua rasa lychee lemon dan grape tersebut, menurut Ye-jin, punya manfaat nyata baginya setelah mengonsumsinya selama beberapa minggu karena satu kaleng NutriVille mengandung 500 mg kolagen nan aman dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda. Terdapat juga kandungan Vitamin C sebanyak 90 mg berfungsi untuk mempercepat penyerapan kolagen di kulit. Kandungan kalori pada NutriVille juga rendah dengan hanya 45 kkal per kaleng. Ditambah lagi NutriVille menggunakan kemasan dapat didaur ulang, menjadikannya ramah lingkungan.

Baca juga:

Atasi Rambut Rontok dengan Nutrisi Ini

“Saya sudah menyukai minum minumam kolagen dari muda, karena itu ketika NutriVille meminta untuk menjadi brand ambassador, saya merasa sangat senang. Pertama, saya percaya akan manfaat kesehatan dari NutriVille. Kedua, saya juga senang bisa lebih dekat dengan para penggemar saya di Indonesia,” ucap Ye-jin selaku Brand Ambasador NutriVille. Sehari setelah konferensi pers (18/8), wajah menawan Ye-jin bersanding dua kaleng NutriVille terpampang di videotron kawasan Jakarta.

PT Asia Health Energi Beverage (AHEB) melalui produk unggulan teranyarnya, NutriVille, perlu menggandeng bintang besar dari Korea Selatan, Son Ye-jin, sebagai brand Ambasador agar dapat menginspirasi banyak perempuan Indonesia dalam merawat diri. NutriVille memilih Ye-jin menjadi brand ambasador, menurut Chief Marketing Officer PT AHEB Ricky Suhendar, karena punya reputasi baik sebagai aktris tak semata cantik menawan dan beprestasi, tetapi juga pegiat gaya hidup sehat holistik.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ??? (@yejinhand)

Ye-jin, lanjut Ricky, sangat menginspirasi banyak penggemar perempuan untuk hidup sehat. Konsistensi kesuksesan kariernya selama hampir dua dekade dalam berkarya dibarengi dengan keteraturan Ye-jin merawat diri agar tampil menawan meski usia tak lagi muda membuat banyak orang terutama para penggemarnya khususnya perempuan terpantik untuk mengikuti jejaknya. “Son Ye-jin merupakan personifikasi dari NutriVille nan ingin mengajak perempuan Indonesia untuk rajin merawat diri sehingga dapat selalu percaya diri dan berkarya,” imbuh Ricky.

Meski minuman kolagen identik dengan perempuan, bukan berarti ‘Kaum Adam’ tak bisa turut menikmati kesegaran dan manfaatnya. “Tapi, laki-laki juga boleh minum NutriVille. Kan, merawat kulit bukan cuma perempuan. Apalagi lak-laki sering bekerja di luar ruangan sehingga sering terpapar sinar matahari dan radikal bebas dari asap kendaran,” kata Ricky menegaskan.

Baca Juga:

Cara Menghilangkan Jerawat dalam Semalam, Apa Bisa?

Minuman kolagen, sambung Ricky, belum populer bagi publik Indonesia karena dianggap terlalu mahal dan memang benar-benar belum ada produknya sehingga kehadiran NutriVille dapat menjadi oase di tengah kekosongan tersebut. Survei Industry Transparency Center (ITC) terhadap penggunaan ekstrasi kolagen di Inggris, Jerman, Italia, Amerika Serikat, dan Tiongkok mencatat motivasi ingin beroleh manfaat kecantikan jadi hasil tertinggi mengungguli alasan berkait kandungan protein, kesehatan sendi, serta kesehatan tulang. Seturut pula, tiap orang biasa menghabiskan 30 Euro per bulan untuk suplemen, kapsul, pil, termasuk minuman kolagen. Pasar kolagen terus mengalami peningkatan selama satu dekade apalagi saat beroleh dukungan dari sains dan beberapa klaim resmi dari badan kesehatan setempat.

“Begitu selesai konferensi pers ini, NutriVille bisa didapatkan di beberapa marketplace, supermarket besar dan kecil di pulau Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi,” jelas Ricky. Dengan kehadiran minuman kolagen tersebut, masyarakat Indonesia akhirnya bisa beroleh manfaat penting kolagen dari sekaleng minuman menyegarkan.

Ye Jin
Minuman kolagen bermanfaat bagi kesehatan kulit. (Foto: Piar)

Kolagen merupakan protein struktural utama dalam jaringan ikat dan komponen matriks jaringan ekstraseluler di dalam pembentukan fibroblas, keratinosit, melanosit, dan sel khusus sistem kekebalan kulit di tubuh manusia. Pada tubuh manusia, menurut Matthew D. Shoulders dan Ronald T. Raines pada "Collagen Structure and Stability", kolagen berjumlah sepertiga dari total protein, menyumbang tiga perempat dari berat kering kulit, dan merupakan komponen matriks ekstraseluler (ECM) paling umum.

Kolagen merupakan 25% hingga 30% dari semua protein dalam tubuh, banyak terdapat pada kulit, rambut, tendon, tulang rawan, dan tulang. Aksi ganda kolagen pada kulit menyediakan komponen building blocks untuk kulit (dan elastin), serta mengikat reseptor di fibroblas yang terletak lapisan dermal untuk merangsang sintesis kolagen serta asam hialuronat. Tak hanya itu, kolagen merupakan komponen penting dengan tugas memberikan kekuatan dan struktur di dalam tubuh dan berperan dalam menyatukan sel-sel tubuh sehingga memberi tidak hanya semata kekuatan sistem kardiovaskuler, kesehatan sendi, perlindungan ginjal dan organ lainnya, tetapi juga elastisitas kulit.

Baca juga:

Empat Langkah Mudah Mengubah Kulit Kusam jadi Bersinar

Namun faktanya, kemampuan tubuh manusia memproduksi kolagen menurun dratis seiring usia dan beberapa faktor eksternal dari gaya hidup, seperti merokok, kurang tidur, kurang gizi, paparan sinar matahari, dan lainnya. Berkurangnya kuantitas dan kualitas elastin dan kolagen pada daerah dermis membuat kekenyalan kulit menurun sehingga tampak “kosong” atau “longsor”, bertambahnya kerutan, hilangnya elastisitas, dan perubahan warna kulit.

“Sudah banyak sekali penelitian membuktikan bahwa asupan minuman kolagen dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen pada tubuh. Tampak pada penggunaan 2.5 g kolagen peptide setiap hari, selama 60 sampai 90 hari dapat membantu memperbaiki hidrasi dan elastisitas serta mengurangi kerutan, meningkatkan bioaktifitas fibroblast dan sintesis kolagen, melindungi fungsi sel dari efek berbahaya UVA, menyehatkan saluran pencernaan, hingga dapat memperbaiki kondisi sarcopenia, radang sendi, penyembuhan luka, dan menambah imun tubuh.” terang dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh ??? (@yejinhand)

Studi tahun 2019 dari 11 penelitian dengan total 805 pasien menggunakan kolagen hidrolisat, 2,5g-10g/hari, selama 8-24 minggu, untuk pengobatan ulkus dekubitus, xerosis, penuaan kulit, dan selulit, kemudian dua penelitian lain menggunakan kolagen tripeptida, 3g/hari selama 4 hingga 12 minggu. Suplemen kolagen oral, lanjut dr. Yohan Samudra, tampak berefek dalam penyembuhan luka juga penuaan kulit dengan meningkatkan elastisitas kulit, hidrasi, serta kepadatan kolagen kulit.

Selain itu, studi meta-analisis tahun 2021 dengan total 1.125 peserta berusia antara 20 dan 70 tahun (95% perempuan) menunjukkan suplementasi kolagen terhidrolisis meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas, dan mengurangi kerutan selama konsumsi 90 hari. “Setiap minuman kolagen harus disertai dengan kandungan vitamin C guna membantu penyerapan kolagen lebih cepat pada kulit.” tutup dr. Yohan. (*)

Baca juga:

Pakai Skincare Setelah Masalah Jerawat Teratasi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Setelah Merilis Spaces, Twitter akan Hadirkan Fitur Podcast?
Fun
Setelah Merilis Spaces, Twitter akan Hadirkan Fitur Podcast?

Twitter dikabarkan tengah menggarap sebuah tab khusus untuk podcast.

Hilman 'Lupus' Tutup Usia
Fun
Hilman 'Lupus' Tutup Usia

Hilman menemani perjalanan para remaja Indonesia di era 1980 dengan menulis cerita pendek Lupus di majalah Hai pada Desember 1986.

Asam Jawa Bermanfaat Mengendalikan Detak Jantung
Fun
Asam Jawa Bermanfaat Mengendalikan Detak Jantung

asam jawa menurut badan kesehatan dunia (WHO) kaya akan asam amino esensial.

Indonesia Barista Championship 2022 Berlanjut, Persaingan Kian Ketat
Fun
Arab Saudi akan Gelar MotoGP
Fun
Arab Saudi akan Gelar MotoGP

Sirkuit baru akan dibangun untuk gelar MotoGP di Arab Saudi.

Kerjasama dengan Label Asal AS, Sheryl Sheinafia Rilis 'Want Ur Love'
ShowBiz
Kerjasama dengan Label Asal AS, Sheryl Sheinafia Rilis 'Want Ur Love'

Sheryl Sheinafia berkolaborasi dengan The Aristocratz yang pernah memproduseri album Chris Brown, EXO, Robin Thicke, BoA, dan Afgan.

Chris Hemsworth Tetap jadi Tyler Rake dalam 'Extraction 2'
ShowBiz
Mengintip Daftar Negara dengan Penanganan COVID-19 Terburuk
Fun
Mengintip Daftar Negara dengan Penanganan COVID-19 Terburuk

Untuk posisi pertama ditempati oleh Uni Emirate Arab.

Elon Musk Kantongi Bantuan Rp 102 Triliun untuk Akuisisi Twitter
Hiburan & Gaya Hidup
Elon Musk Kantongi Bantuan Rp 102 Triliun untuk Akuisisi Twitter

Bantuan pembiayaan terbaru datang dari CTO Oracle Larry Ellison.

Spotify Equal Hadirkan Wajah Musisi Perempuan Indonesia di Kancah Dunia
ShowBiz
Spotify Equal Hadirkan Wajah Musisi Perempuan Indonesia di Kancah Dunia

Kampanye EQUAL, bentuk dukungan Spotify untuk kesetaraan gender di industri musik.