Minum 2 Gelas Wine Setiap Hari Bagus untuk Otak Wine. (Foto: Pixabay)

WINE dan keju tidak hanya meningkatkan keromantisan Anda dan pasangan. Meminum dua gelas wine setiap hari juga bagus untuk menjaga kesehatan otak.

Fakta ini diungkap University of Rochester Medical Center (URMC) di New York. Meski begitu tim peneliti tidak membantah bila efek positif konsumsi wine mungkin berbeda untuk setiap orang.

Tapi, batas maksimal yang disarankan hanya dua gelas per hari. Jika lebih, Anda bisa saja mengalami gangguan fisik dan emosional.

Studi URMC ini dipublikasikan di Jurnal Scientific Reports awal Februari ini. Konsumsi alkohol berlebih, sebagaimana dilansir World Health Organization, bisa memicu munculnya 200 macam gangguan kesehatan dan lebih dari 3,3 juta kematian di dunia setiap tahun.

Centers for Disease Control and Prevention juga mengingatkan kelebihan minum dapat menyebabkan masalah kesehatan termasuk ginjal, kanker, dan tekanan darah tinggi. Minum alkohol selama masa kehamilan juga bisa menimbulkan ancaman serius.

Namun, efek berbeda bila Anda hanya minum satu hingga dua gelas wine per hari. Risiko diabetes dapat ditekan. Studi sebelumnya juga mengungkap minum dua gelas wine sehari bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh dan melindungi kesehatan jantung.

Ketua riset, Dr Maiken Nedergaard dari Center for Translational Neuromedicine URMC menyebutkan alkohol menghilangkan sampah dari sistem saraf pusat. Alkohol juga menjaga kadar glukosa, lipida, dan protein dalam otak dan sistem saraf agar keduanya dapat bekerja optimal.

Berdasarkan riset yang sama, peneliti melihat kucing yang diberi 2,5 gelas wine sehari tampak menyukainya.

Namun 2,5 gelas wine sehari dianggap kebanyakan mengingat aturan konsumsi alkohol bagi dewasa hanya lah satu gelas per hari. Perempuan dewasa tidak disarankan minum lebih dari satu gelas alkohol per hari dan pria batas maksimalnya hanya lah dua gelas.

Aturan ini datang dari National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism untuk mengurangi risiko ketergantungan pada alkohol. (*)

Cek cara memilih wine pada artikel Memilih Wine Tak Sembarangan, Harus Ada Uang.

Kredit : rina

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH