Yuk Minta Maaf dan Koreksi Kebiasaan Sehari-Hari yang Berakibat Fatal Bagi Kucing Domestik Kami salah apa, manusia? (Pexels/aleksandr nadyojin)

DI jalanan, kasta tertinggi memangl milik ibu-ibu motor matic. Namun, tahukah kamu siapa di kasta terendah di jalanan? Mereka adalah kucing jalanan. Kondisi kucing domestik di jalanan memang termarjinalkan. Selain harus mencari makan sendiri, mereka juga harus rela diperlakukan buruk seperti disiram air panas, ditendang, hingga digendong-gendong dengan cara tidak semestinya.

Baca juga:

Deretan Cara Minta Maaf Paling Ekstrem, Yakin Berani?

Parahnya lagi, mereka harus menerima semua perilaku buruk itu sehari-hari! Mereka memang tidak bisa menyampaikan kepada manusia apa dirasakannya secara jelas karena hanya bisa mengeong. "Meeeeenggg..."

"Aku enggak pernah nyiksa kok. Aku malah sering kasih tulangku buat mereka," kilah seorang teman.

Mungkin maksud teman tersebut baik. Ia ingin memberi makan kucing domestik sisa tulang ikan atau ayam. Namun, memberi tulang kepada kucing bukan hal tepat.

Kucing
Kucing mati akibat kalung tersangkut. (Sumber: Twitter/kochenkfess)

Tulang, baik tulang ikan maupun tulang ayam tidak bisa dicerna secara baik oleh tubuh kucing. Sistem pencernaan kucing akan rusak. Selain itu, akan ada risiko tulang menyangkut di tenggorokan kucing dan bisa membahayakan sistem pernapasan kucing.

Selain memberi makan kucing, ada beberapa perilaku sederhana manusia sehari-hari tanpa sadar ternyata mengancam nyawa mereka.

"Aduh kucingnya gemoy bangeeettt..." ketika melihat kucing domestik menggemaskan di dekat rumah dam rasa ingin memiliki muncul. Memberi makan saja tidak cukup. Akhirnya dipakaikan kalung sebagai tanda.

Dari kacamata manusia memang kucing berkalung apa pun akan sangat menggemaskan. Namun, bagi kucing sebaliknya. Ada beberapa dampak buruk bisa terjadi pada kucing, misalnya iritasi pada leher, bulu di sekitar leher rusak, hingga terburuk tersangkut di pagar.

Kalau sudah begitu, nyawa taruhannya. Sebaiknya urungkan niat memberi kalung kepada kucing. Biarkan kucing merasa bebas. Memang dengan memakaikan kalung sudah pasti langsung nurut? Enggak juga kan. Faktor utama dipakaikan kalung cuma mengejer estetika semata.

Ketika akan mengolah makanan kemasan kaleng seperti sarden dan kornet, sering kalengnya langsung dibuang begitu saja tanpa dihancurkan terlebih dahulu. Alasannya: susah! Iya sih, emang menghancurkan kemasan kalengan lebih susah daripada kemasan lainnya.

Kucing
Kucing meregang nyawa setelah kepalanya tersangkut di kaleng. (Sumber: Twitter/kochenkfess)

Namun, pernahkah kamu tersadar ternyata kaleng terbuka dengan beberapa bagian menajam tersebut bisa mengancam keselamatan makhluk lain, salah satunya kucing domestik.

Aroma harum menyeruak dari kaleng bekas sarden tentu menggugah kucing. Mereka akhirnya mendekat, memakan sisa ikan, kalau masih ada.

Alih-alih beruntung mendapat sisa ikan, mereka justru ketiban sial, kepalanya tersangkut di kaleng dan tidak bisa keluar. Dia pun kehabisan napas dan akhirnya meregang nyawa.

Baca juga:

Ragam Emoji Minta Maaf, Beberapa Ternyata Meleset!

Terus harus gimana dong? Sebagai langkah antisipasi sebaiknya menghancurkan kaleng bekas sarden dengan memotongnya menjadi beberapa bagian atau cuci bersih kaleng sehingga tidak mengundang kucing.

Dengan begitu kamu telah menyelamatkan satu nyawa. Lalu bagaimana kalau kamu melihat kepalanya tersangkut? Segera selamatkan! Bawa ke dokter hewan segera.

Di tempat lain, setelah wara-wiri mencari makan lalu diusir sama manusia, dipukul pakai sapu, kena jail bocah-bocah, dan kemudian tiba waktunya kucing beristirahat.

Kucing
Kucing sedang berteduh di kolong mobil. (Pexels/aleksandr nadyojin)

Setelah kehausan, kelaparan, di bawah panas terik, kucing kemudian mencari tempat berteduh. Tak jarang mereka berteduh di kolong mobil sampai tertidur pulas.

Terbayang enggak sih jika tiba-tiba pemilik mobil main gas saja tanpa lihat kolong. Kucing bisa terlindas. Sukur-sukur mereka bisa menghindar sebelum roda mendekat.

Memang bukan salahmu karena tidak tahu. Namun, alangkah lebih baik bila hal-hal tersebut tidak terjadi dengan cara mengecek keberadaan kucing di kolong mobil sebelum kendaraan roda empat dipacu.

Memang bagi manusia hal-hal tersebut sepele. Tidak menyalahi aturan apalagi bukan tindakan kriminal. Namun, di sisi berbeda, tindakan lumrah sehari-hari tersebut membahayakan kucing domestik.

"Ah! Mereka kan cuma kucing kampung. Enggak usah lebay kali." Mereka kan juga makhluk Tuhan. Punya perasaan. Bisa merasa kesakitan. Bisa menangis. Jangan sampai tangisan mereka didengar Tuhan dan dibalaskan padamu. Minta maaf segera dengan cara mengkoreksi kebiasaan nan bisa membahayakan kucing. (Avia)

Baca juga:

Alasan Minta Maaf Paling Basi Ketika Lupa Hari Ulang Tahun Pasangan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Apakah Sudah Saatnya Kamu Punya Usaha Sendiri?
Fun
Apakah Sudah Saatnya Kamu Punya Usaha Sendiri?

Sebelum memulai bisnis ketahui dulu hal ini.

4 Kebiasaan Sepele di Media Sosial Ini Bisa Menjauhkanmu dari Pasangan
Fun
4 Kebiasaan Sepele di Media Sosial Ini Bisa Menjauhkanmu dari Pasangan

empat kebiasaan sepele ini bisa menghancurkan hubungan dengan pasangan kamu.

Joaquin Phoenix akan Kembali Beraksi di 4 Film Baru
ShowBiz
Joaquin Phoenix akan Kembali Beraksi di 4 Film Baru

Beberapa film dan dokumenter yang bakal melibatkan Joaquin Phoenix di dalamnya.

Bangga, Rumah Mode Asal Indonesia Tampil di Fashion Film Italia
Fashion
Bangga, Rumah Mode Asal Indonesia Tampil di Fashion Film Italia

Memamerkan koleksi yang tidak kalah saing dengan luar negeri.

Cukup Diinjak Belakangnya, Langsung Auto Keren Pakai Sepatu Ini
Fun
Cukup Diinjak Belakangnya, Langsung Auto Keren Pakai Sepatu Ini

Apakah kamu suka menginjak bagian belakang sepatu?

Jalankan Pedoman Gizi Seimbang, ini 4 Poin Pentingnya
Hiburan & Gaya Hidup
Jalankan Pedoman Gizi Seimbang, ini 4 Poin Pentingnya

Pedoman Gizi Seimbang mengacu pada Nutrition Guide for Balanced Diet.

Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik
ShowBiz
Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik

Demi mengungkapkan tentang pernikahannya.

Ruangan Seni Digital Terbesar di Dunia Ini Bekas Pangkalan Kapal Selam Jerman
Fun
Ruangan Seni Digital Terbesar di Dunia Ini Bekas Pangkalan Kapal Selam Jerman

Sebuah pangkalan U-Boat Nazi di Bordeaux telah diubah menjadi galeri seni imersif yang sangat besar.

Panggilan Nyeleneh yang Bikin Akrab Anak Tongkrongan
Fun
Panggilan Nyeleneh yang Bikin Akrab Anak Tongkrongan

Anak tongkrongan punya identitasnya masing-masing.

Tenancious D Ubah Lagu ‘I Wanna Be Sedated’ Jadi Anthem Vaksinasi
ShowBiz
Tenancious D Ubah Lagu ‘I Wanna Be Sedated’ Jadi Anthem Vaksinasi

Lagu ini kembali terdengar di 2021 dengan aransemen yang lebih segar.