Minimalisi Perundungan Terhadap Guru, Pengajar Harus Jadi Kawan Baik Muridnya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 06 Maret 2019
Minimalisi Perundungan Terhadap Guru, Pengajar Harus Jadi Kawan Baik Muridnya
Silaturahmi Dharma Wanita Persatuan Kementerian Luar Negeri RI dan Yayasan Pendidikan Daya Dutika Cenderawasih (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Masyarakat dihebohkan dengan potongan video perbuatan kurang baik yang dilakukan pelajar dengan melakukan perundungan terhadap guru di sekolah.

Menurut Ketua Yayasan Pendidikan Daya Dutika Cenderawasih (YPDDC), Rikha Fauzi Nugroho, seharusnya guru menjadi teman dekat murid-muridnya disekolah. Bahkan seorang guru harus pandai menyelami apa yang ada di hati murid.

"Jadi sekarang guru tidak menjadi guru tapi jadi kawan baik," kata Rikha dalam sosialisasi yang dihadiri para isteri duta Besar RI dan Duta Besar RI di kantor YPDDC, Jakarta Selatan, Rabu (6/3).

Untuk mengantisipasi peristiwa itu tak terjadi di sekolahnya, lanjut Rikha, pihaknya membuat program sekolah dibidang olahraga yang akan dipusatkan di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Dimana program itu akan ada kegiatan Basket, Futsal, dan lain-lain.

Wamenlu AM Fachir saat melakukan kunjungan di Yayasan Cenderawasih (ist)

"Kita akan buat satu center olahraga di cipete yang mana kemudian setiap anak yang mempunya masalah kita masukan, kita ikutkan dalam olahraga," jelas dia.

"Olahraga itu biasa basket ball, futsal dan lain sebagainya. Dimana mereka harus mengekspresikan diri mau jungkir balik energinya tuh harus dikeluarkan," tuturnya.

Ia pun menegaskan, bahwa pelajar yang melakukan perundungan terhadap guru harus diantisipasi secepatnya.

"Karena guru zaman sekarang beda dengan guru zaman dulu. Sekarang guru harus menjadi teman. Kalau diluar negeri itu mereka memanggil nama saja. Kita tekankan itu lah yang harus kita waspadai terhadap gejolak-gejolak ini. Sekarang tidak ada julukan guru killer," tutupnya. (Asp)

#Kemenlu
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan