Minim Fasilitas Umum, Korban Kebakaran Tamansari Rogoh Kocek

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 31 Januari 2018
Minim Fasilitas Umum, Korban Kebakaran Tamansari Rogoh Kocek
Sejumlah rumah yang hangus pascakebarakan yang melanda permukiman padat penduduk, di Krukut, Taman Sari, Jakarta, Sabtu (27/1). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

MerahPutih.com - Kebakaran hebat yang menghanguskan ratusan rumah penduduk di kawasan padat Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu menyisakan keprihatinan mendalam.

Berdasarkan data yang terhimpun dari 1.327 jiwa yang terdampak kebakaran, ada 335 masih anak-anak. Mereka harus mengungsi ke tenda darurat dan terpaksa meliburkan sekolahnya.

Keprihatinan itu semakin dalam, manakala tempat pengungsian sementara minim fasilitas dasar, seperti MCK dan air bersih.

Komisioner KPAI bidang Sosial Susianah mengaku telah melakukan kunjungan dan pengawasan ke lokasi kebakaran.

KPAI mendesak agar Pemprov segera memenuhi kebutuhan dasar pengungsi. Sebab, fasilitas yang berada di lokasi bencana masih dipungut biaya.

"Agar Pemerintah Provinsi memperhatikan serta memenuhi kebutuhan dasar anak dan keluarga korban terhadap akses air bersih secara cuma-cuma," kata Susianah melalui keterangan pers, Rabu (31/1).

KPAI memperoleh informasi bahwa di lokasi kebakaran hanya tersedia 2 kamar mandi dan WC umum untuk memenuhi 1.327 orang yang menjadi korban kebakaran.

Akibatnya, warga terpaksa menggunakan kamar mandi milik perorangan dengan sistem sewa.

"Warga yang kini berada di pengungsian terpaksa menggunakan kamar mandi dan WC milik perorangan dengan sistem sewa yakni untuk kebutuhan mandi membayar Rp 2.000 dan kencing sebesar Rp 1.000," ungkap dia. (Fdi)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sandi Janji Selesaikan Surat Penting Pasca Kebakaran di Krukut

#KPAI #Kebakaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan