Minikino FIlm Week 7, Kekuatan Berjejaring Festival Film Pendek Internasional pop up cinema MFW tahun 2017. (Foto: Wayan Martino)

FESTIVAL film pendek Minikino Film Week 7 (MFW7) - Bali International Short Film Festival akan kembali hadir pada 3-11 September 2021 di Bali. Sebagai komitmen untuk saling menjaga, seluruh rangkaian acara diselenggarakan secara luring (fisik) dan daring (online) yang dibarengi dengan komitmen penerapan protokol kesehatan bagi penonton maupun penyelenggara yang bertugas.

“Festival di tengah pandemi tetap perlu memperhatikan protokol kesehatan dan tahun ini ada syarat tambahan bagi seluruh pekerja festival dan penonton untuk memiliki bukti vaksin minimal satu kali atau hasil negatif rapid test antigen swab di bulan September 2021,” ujar Direktur festival, Edo Wulia dalam berita pers yang diterima merahputih.com, Jumat (27/8).

Baca Juga:

Minikino Antar Film Pendek Indonesia ke Selandia Baru

Tercatat 925 judul film pendek, masuk melalui kanal online Short Film Depot dan Filmfreeway yang dibuka untuk film maker dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Seluruh film yang masuk kemudian melalui proses seleksi. Tahun ini MFW7 menampilkan 214 film baik dari Indonesia maupun luar negeri, yang dikemas dalam 36 program.

Dalam kerja berjejaring dengan festival di luar Indonesia, minikino berhasil membawa program film pendek Indonesia untuk tampil di berbagai sirkuit festival film internasional sepanjang tahun. “Berjejaring merupakan kunci. Minikino Film Week adalah jembatan sekaligus pintu yang membuka lebar potensi kerjasama serta apresiasi terhadap film-film pendek terbaik Indonesia, Asia Tenggara dan internasional,” papar Fransiska Prihadi, Direktur Program Minikino.

Medali MFW tahun 2021 dari Limbah Metal karya Kunang Jewelry. (Foto: Disur)

Tahun ini Minikino Film Week kembali memberikan penganugerahan penghargaan untuk film-film pendek terbaik dalam beberapa kategori, antara lain; National Competition Award, Best Animation Short, Best Audio Visual Experimental Short, Best Children Short, Best Documentary Short, Best Fiction Short, Programmer’s Choice, dan Best Short Film of The Year 2021.

Juri untuk penghargaan kompetisi internasional tahun ini ialah Asako Fujioka (Yamagata International Documentary Film Festival, Jepang) , Lucky Kuswandi (sutradara dan penulis film, Indonesia), Kelly Lui (Reel Asian, Canada), dan Monez Gusmang (ilustrator, Indonesia).

Baca Juga:

S-Express 2020 Indonesia Beri Akses Bagi Tuna Netra

Tahun ini Minikino didukung oleh Kisahpedia, lembaga akuisisi film yang menaruh perhatian pada isu keragaman dan toleransi dalam penyelenggaraan Begadang Filmmaking Competition. Kompetisi ini diikuti oleh 39 tim produksi dari berbagai daerah di Indonesia, namun hanya 29 tim yang berhasil menyelesaikan produksi sesuai batas waktu. Kemudian, dari 29 film yang masuk diseleksi kembali hingga terpilihlah 10 film pilihan yang akan ditayangkan selama festival.

Suasana Nonton di Pop Up Cinema Desa Pedawa pada MFW Tahun 2020. (Foto: Vifick)

Layar tancap tahun ini akan diadakan di kabupaten Buleleng (Desa Pedawa), kabupaten Jembrana (Pangkungjaka, Desa Tukadaya) dan kota Denpasar (Kebun Berdaya Kampung Hijau, Desa Tegeh Sari).

Made Suarbawa, direktur traveling cinema mengatakan bahwa, bertemu dengan penonton di desa dalam program layar tancap selalu memberikan gairah baru. Pandemi ini membuat komunikasi dengan kolaborator menjadi semakin erat, selain untuk berkoordinasi, juga untuk saling bertukar informasi dan dukungan dalam beraktivitas dan mempersiapkan MFW7.

Buku program digital dan jadwal festival tersedia di situs minikino.org/filmweek. Semua program gratis dan terbuka untuk umum, sesuai dengan pedoman usia. Namun seluruh calon penonton diwajibkan mendaftar terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi acara untuk mendapatkan festival pass. Formulir festival pass dapat diisi secara daring di minikino.org/mfw7pass. (ikh)

Baca Juga:

Memaknai Pulang lewat Film Pendek 'Rumah'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mungkinkah Marc Marquez Ditukar Pebalap Lainnya?
Fun
Mungkinkah Marc Marquez Ditukar Pebalap Lainnya?

Performa Marquez yang tidak baik, mungkin tidak membalap di musim ini.

Yuk, Bikin Gyeranppang, Roti Telur ala Korea
Kuliner
Yuk, Bikin Gyeranppang, Roti Telur ala Korea

Gyeranppang lebih seperti pancake yang diisi telur utuh.

16 Jenama Indonesia Mejeng di Times Square New York
Fun
16 Jenama Indonesia Mejeng di Times Square New York

Indonesia mendapat hadiah di Hari Ulang Tahunnya yang ke-76 dengan tampilnya 16 jenama lokal di videotron Times Square New York

Rekomendasi Game Sederhana untuk Kamu Si Sibuk
Fun
Rekomendasi Game Sederhana untuk Kamu Si Sibuk

Rekomendasi video game bagi kamu yang memiliki sedikit waktu luang.

Spider-Man Masih Punya 3 Film Lagi
ShowBiz
Spider-Man Masih Punya 3 Film Lagi

Agaknya Tom Holland masih terus merayapi dinding pada tiga film berikutnya.

Jumper Louis Vuitton Dibully di Sosial Media
Fashion
Jumper Louis Vuitton Dibully di Sosial Media

Jumper terbaru LV yang berisikan 14 boneka rajutan.

Beyonce Jadi Inspirasi Gaun Zendaya
Fashion
Beyonce Jadi Inspirasi Gaun Zendaya

Zendaya tampil memukau dengan gaun bernuansa serba ungu.

Park Hae Soo jadi Berlin di 'Money Heist' Versi Korea
ShowBiz
Park Hae Soo jadi Berlin di 'Money Heist' Versi Korea

Park Hae Soo mengaku mendapat kehormatan setelah ditunjuk untuk bermain di serial Money Heist versi Korea.

Kegelisahan Seorang Okin dalam Single Terbaru ‘Bersama Melangkah’
ShowBiz
Kegelisahan Seorang Okin dalam Single Terbaru ‘Bersama Melangkah’

Okin sepertinya telah siap untuk berkarier secara solo dengan merilis single terbaru berjudul Bersama Melangkah

Fenomena Maraknya Pinjaman Online di Masa Pandemi
Fun
Fenomena Maraknya Pinjaman Online di Masa Pandemi

Publik harus bijak mengambil pinjol.