Minikino Film Week 6 Berakhir, Sejumlah Film Pendek Raih Penghargaan MFW6 berlangsung sangat meriah (Foto: Istimewa)

MINIKINO Film Week 6 (MFW6), Bali International Short Film Festival telah berakhir pada Sabtu, 12 September 2020 lalu. Menurut berita pers yang diterima merahputih.com, tahun ini seremoni penutupan bertempat di Water Garden ARMA Museum & Resort, Ubud, Gianyar.

MFW6 menutup perhelatannya dengan mengumumkan pemenang kompetisi dan peraih penghargaan internasional untuk masing-masing kategori tahun ini.

Baca juga:

Minikino Antar Film Pendek Indonesia ke Selandia Baru

Dalam suasana pandemi COVID-19, para tamu undangan yang hadir diwajibkan mengisi daftar registrasi dan melaksanakan protokol kesehatan, seperti pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dengan air mengalir atau hand sanitizer. Para tamu juga memakai masker atau face-shield sepanjang acara dan menjaga jarak.

Rangkaian acara pada hari terakhir perhelatan MFW6 telah dimulai sejak pukul 13.30 WITA. Namun para tamu undangan untuk Malam Penutupan MFW6 mulai berdatangan pada pukul 17.30 WITA. Kemudian pada pukul 18.30 WITA, Malam Penutupan dan Penghargaan MFW6 juga disiarkan secara live-streaming.

Pendiri ARMA Museum & Resort, Anak Agung Gede Rai menyampaikan sambutannya kepada para hadirin. Ia menyatakan kegiatan semacam ini juga merupakan salah satu visi dan misi ARMA untuk menjadikan museum lebih “hidup”.

Selanjutnya, Direktur Festival Edo Wulia mengawali sambutan dari para komite inti MFW6. Menurut Edo, membuat festival tidaklah mudah. Pihaknya sudah merencanakan tanggal kegiatan tahun ini sejak berakhirnya MFW5 tahun lalu.

Acara berlangsung dengan menerapkan prosedur kesehatan COVID-19 (Foto: Istimewa)

"Sama sekali tidak terbayang kondisi pandemi akan terjadi. Untuk itu, kami berterima kasih pada para sukarelawan yang saling membantu, serta penonton yang telah mematuhi protokol sepanjang waktu," ujarnya di atas panggung.

Sambutan juga disambung dengan sejumlah rekaman video kegiatan selama berlangsungnya MFW6. Dokumentasi harian tahun ini merupakan kolaborasi MFW dengan Niskala Studio.

Acara ini didukung oleh para venue partner, individual maupun kolaborator rangkaian kegiatan. Lalu, Fasilitasi Bidang Kebudayaan dari Kemendikbud RI serta Deputi Pemasaran Kemenparekraf turut mendukung acara tahun ini.

Momen yang dinantikan para pembuat film pun akhirnya tiba, yakni penobatan pemenang dan pemberian penghargaan.

Pengumuman dimulai dengan anugerah MFW National Competition Award. Penghargaan tertinggi National Competition yang pertama kali diadakan pada tahun 2020. Penghargaan ini diraih oleh film pendek Jemari yang Menari di Atas Luka-Luka dari sutradara: Putri Sarah Amelia.

Baca juga:

S-Express 2020 Indonesia Beri Akses Bagi Tuna Netra

Dalam sambutan virtualnya, Jose Prabowo selaku produser bersama Putri Sarah Amelia mengucapkan terimakasih kepada seluruh kru film yang ikut membantu. Mereka mendedikasikan karya film ini untuk seluruh kelompok minoritas yang masih memperjuangkan suara yang masih terbungkam.

Jemari Yang Menari Di Atas Luka-Luka, salah satu film pendek yang mendapatkan penghargaan (Foto: Istimewa)

Kemudian, secara berturut-turut diumumkan peraih penghargaan International Award untuk masing-masing kategori, antara lain:

· MFW6 Best Animation Short diraih oleh And Then The Bear (sutradara: Agnes Patron, Perancis, 2019)

· MFW6 Best Audio Visual Experimental Short diraih oleh This Makes Me Want to Predict The Past (sutradara: Cana Bilir-Meier, Jerman-Austria, 2019)

· MFW6 Best Children Short diraih oleh Sonia Loves, Sonia Doesn’t (sutradara: Natalia Beliaeva, Federasi Rusia-Slovakia, 2020, fiksi)

· MFW6 Best Documentary Short diraih oleh Mama Mania (sutradara: Vincent Sparreboom, Netherlands, 2019).

Pada penghujung acara, penonton mendapat kesempatan menyaksikan film pendek pemenang Begadang Filmmaking Competition 2020 dan MFW Best Short Film of the Year 2020.

Tidak lupa, para direktur MFW mengumumkan tanggal pelaksanaan Minikino Film Week 7, Bali International Short Film Festival. Acara selanjutnya akan diadakan pada 3-11 September 2021. (ikh)

Baca juga:

Memaknai Pulang lewat Film Pendek 'Rumah'

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH