Image
Author by : Rizki Fitrianto

Abdul (27), anggota Karang Taruna Kelurahan Poris Plawad Utara yang awalnya memiliki inisiatif untuk membuat karya seni dari sampah kaleng minuman. Kurang lebih dua bulan dirinya belajar membuat miniatur kendaraan Vespa. Selain Vespa, ia juga dapat membuat bentuk lain seperti pesawat dan sepeda.

Image
Author by : Rizki Fitrianto

Motif warna serta beragam bentuk dari miniatur Vespa menjadi daya tarik. Satu buah miniatur Vespa dihargai Rp50.000. Pada Festival Al-Azhom minggu lalu, hiasan miniatur Vespa laris dibeli oleh pengunjung festival.

Image
Author by : Rizki Fitrianto

Sejumlah perajin miniatur kendaraan motor Vespa sedang mengolah sampah nonorganik menjadi hiasan benda bernilai seni. Para pemuda Karang Taruna di Kelurahan Poris Plawad Utara aktif membuat kerajinan tersebut.

Image
Author by : Rizki Fitrianto

Dalam membuat karya seni miniatur Vespa, perajin membutuhkan perlengkapan seperti gunting, lem, penggaris, kawat tembaga, dan bahan utama sampah kaleng. Dalam sehari, perajin tersebut dapat membuat 5 miniatur Vespa. Pengolahan sampah nonorganik menjadi benda yang bermanfaat merupakan cara lain untuk mengurangi debit sampah yang berada di tempat pembuangan sampah daerah.