Minggu Siang, Kualitas Udara Jakarta 'Unhealthy' Pemandangan gedung-gedung bertingkat berselimut kabut polusi udara terlihat dari ketinggian di Jakarta, Jumat (9/8/2019). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Merahputih.com - Situs pemantau kualitas udara internasional AirVisual menunjukkan bahwa kualitas udara di Jakarta masih berada pada level merah atau tidak sehat pada Minggu (18/8).

Pantauan merahputih.com sektar pukul 10.28 WIB pada laman resmi AirVisual, tercatat bahwa Jakarta mempunyai indeks kualitas udara atau air quality index (AQI) sebesar 151 dengan parameter berupa partikel polutan sangat kecil berdiameter kurang dari 2,5 mikrometer (PM 2.5).

"Unhealthy," tulis Airvisual dalam status udara Kota Jakarta.

Baca Juga:

Polusi Jakarta yang makin Parah Mengancam Kualitas Sperma Pria

Jakarta Masih Jadi Kota dengan Polusi Udara Terburuk di Dunia

Jakarta menempati posisi kelima sebagai kota yang memiliki kualitas udara terburuk di dunia dengan US Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara di angka 147 atau setara parameter PM2.5 dengan konsentrasi polutan 54.3 µg/m³.

Posisi pertama untuk kualitas udara terburuk di dunia diisi oleh kota Hangzhou yang terletak di Cina dengan indeks kualitas udara 160 dengan status udara tidak sehat setara dengan parameter PM 2.5 73.5 µg/m³.

Kualitas Udara Jakarta
Ilustrasi Polusi udara (foto: pixabay/jurgenPM)

Krasnoyarsk di Rusia dan Chengdu di China secara berturut-turut menempati posisi kedua dan ketiga untuk kualitas udara terburuk di dunia dengan status tidak sehat dengan AQI 159 dan 149.

Terakhir untuk kualitas udara terburuk di dunia pada posisi kelima diisi oleh Shanghai di China dengan nilai indeks kualitas udara 134 atau setara PM2.5 dengan konsentrasi polutan 49 µg/m³.

Baca Juga: Pemprov DKI Resmi Perluas Sistem Ganjil-Genap, Berikut Rutenya

AirVisual.com menyarankan bagi masyarakat yang akan melakukan pekerjaan di luar ruangan untuk menggunakan masker atau penutup wajah agar tidak terpapar secara langsung oleh kualitas udara buruk di ibu kota. (Pon)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH