Minggu Ini Gerindra Matangkan Kader Pengisi Kursi Wagub DKI Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Ketua DPD Partai Gerindra, M. Taufik mengatakan saat ini Partai Gerindra tengah mematangkan nama kader calon pengganti Sandiaga Salahuddin Uno di kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Prosesnya, sambung Taufik, mulai dari DPD Gerindra Jakarta DKI hingga Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Kemudian akan diumumkan, siapa yang diajukan Gerindra menggantikan Sandiaga.

"Insya Allah minggu ini kelar," ujar M. Taufik di kantor DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (10/9).

Meski demikian Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta ini bersikukuh jika dirinya yang pantas mengisi jabatan Wagub DKI yang ditinggalkan Sandiaga. Dirinya tak akan memberikan jabatan itu kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tanpa melalui pemungutan suara di DPRD DKI.

Politikus Partai Gerindra M Taufi (Foto: Twitter @taufikgerindra)

"Enggak, enggak ada legowo," tutur Taufik.

Bila dirinya legowo memberikan Wagub DKI ke PKS, maka hal tersebut sama saja memberikan contoh buruk ke masyarakat. Sebab pengisian jabatan di eksekutif itu tak seperti pembagian kue yang bisa seenaknya tanpa proses pertimbangan yang matang.

"Emang legowo bagi-bagi kue apa?," jelasnya.

Mekanisme pengisian posisi Wagub DKI Jakarta telah diatur dalam Pasal 176 Undang-Undang No 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada).

Pada Pasal 176 ayat (1) UU Pilkada, disebutkan bahwa partai politik atau gabungan partai politik pengusung mengusulkan 2 calon Wakil Gubernur DKI Jakarta kepada DPRD DKI Jakarta melalui Gubernur DKI Jakarta untuk dipilih dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

"Enggak pakai titik temu, kan mengajukan masing-masing," pungkasnya (Asp)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH