Headline

Mimpi Sandiaga Uno Bangun Jakarta sebagai Green City

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 24 November 2017
Mimpi Sandiaga Uno Bangun Jakarta sebagai Green City
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (ketiga kiri), Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir (ketiga kanan) Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar (kedua kanan) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.Com - Tidak puas dengan smart city, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin membangun Jakarta sebagai Kota Hijau atau Green City.

"Saya ingin sekali membuat Jakarta ini bisa menjadi Green City. Jadi, bukan hanya sekadar Smart City saja," kata Sandiaga Uno di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/11).

Demi mewujudkan impiannya itu, Sandiaga Uno meminta agar seluruh gedung milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan konsep hemat energi.

"Selain penghematan energi, konsep tersebut juga berdampak terhadap penghematan anggaran. Maka dari itu, kami ingin buat semua gedung milik Pemprov DKI hemat energi," ujar Sandiaga Uno sebagaimana dilansir Antara.

Pria yang akrab disapa Sandi itu menuturkan gedung pemerintah maupun aset di bawah Pemprov DKI, di antaranya sekolah dan fasilitas publik lainnya membutuhkan biaya puluhan hingga ratusan miliar rupiah untuk konsumsi energi.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengatakan untuk merealisasikan konsep hemat energi tersebut, Pemprov DKI Jakarta akan menjalin kerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang otomasi penghematan energi.

"Apabila konsep penghematan konsumsi energi itu diterapkan, maka pengeluaran dapat diturunkan secara signifikan, yakni sekitar 20 sampai 30 persen ," tutur Sandi.

Sandiaga Uno mengungkapkan kerja sama yang dilakukan itu nantinya harus berbasis pada kemitraan, sehingga dapat menguntungkan bagi kedua belah pihak dan tidak perlu pos anggaran baru.

"Kemitraan itu bertujuan mengurangi biaya tagihan listrik yang menjadi pembayaran cicilan dengan kerja sama kepada perusahaan penyedia jasa. Konsep ini akan menjadi penghematan yang besar," pungkas Sandiaga Uno.(*)

#Smart City #Jakarta Smart City #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan