Militer Sudan Selatan Perkosa dan Bakar Perempuan Hidup-Hidup Foto: The Sheet

MerahPutih Internasional - Prajurit Pemerintah Sudan Selatan mendapatkan tudingan serius dari PBB. Prajurit Sudan Selatan dituding melakukan berbagai pelanggaran hak asasi manusia (HAM) seperti tindak pemerkosaan hingga membakar perempuan hidup-hidup.

Seperti dilansir laman The Guardian, Prajurit Sudan Selatan kerap kali melakukan pelecehan seksual dan pelanggaran HAM terhadap warga sipil.

"Korban yang selamat melaporkan bahwa SPLA dan milisi dari Mayom, melakukan perampokan dan pembunuhan terhadap populasi setempat, menghancurkan desa-desa," demikian isi laporan PBB.

Laporan paling mengusik yang diperoleh penyelidik UNMISS yakni penculikan dan pelecehan seksual terhadap para wanita. Para korban dibakar hidup-hidup dalam rumah mereka.

UNHCR perwakilan Sudan Selatan menambahkan, semua tudingannya terhadap prajurit Sudan Selatan berlandaskan keterangan 115 warga sipil yang menjadi korban, serta beberapa saksi mata.

Tingkat kekejaman yang diungkap dalam laporan itu memperlihatkan kedalaman persoalan yang lebih dari sekedar perbedaan politik.

Baca Juga:

OMG, 1.200 Tahanan Melarikan Diri dari Penjara di Yaman

Persaingan Ketat ISIS dan Al Qaeda di Yaman

Kuwait Nyatakan Perang dengan ISIS

Untuk Pertama Kalinya ISIS Penggal Kepala Warga Sipil Wanita

Astaga, ISIS Telah Eksekusi Mati Lebih Dari 3.000 Orang di Suriah


Tags Artikel Ini

Rendy Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH