Militer Aktif Terlibat Tangani COVID-19, Begini Reaksi DPR Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat COVID-19, Kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). ANTARA/Galih Pradipta/foc.

Merahputih.com - Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Golkar Christina Aryani mengapresiasi keikutsertaan TNI dalam berbagai upaya penanganan penyebaran pandemi COVID-19.

TNI memiliki personel atau sumber daya manusia (SDM) di bidang kesehatan dan dengan didukung cara kerja, semangat, dan disiplin ala militer.

Baca Juga:

Persentase Korban Meninggal Akibat Corona di Indonesia Dinilai Cukup Tinggi

"Kami percaya upaya mereka menangani wabah ini akan efektif dan efisien. Dalam pengalaman berbagai bencana nasional yang dialami bangsa selama ini, TNI memiliki catatan positif dapat diandalkan mengatasi kondisi darurat," kata Christina dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (23/3).

Anggota TNI AL sedang menyiapkan ruang perawatan di dalam KRI dr Soeharso-990. Ruang perawatan di rumah sakit di KRI dr Soeharso-990 itu bisa menampung hingga 40 tempat tidur. ANTARA/Aditya Ramadhan
Anggota TNI AL sedang menyiapkan ruang perawatan di dalam KRI dr Soeharso-990. Ruang perawatan di rumah sakit di KRI dr Soeharso-990 itu bisa menampung hingga 40 tempat tidur. ANTARA/Aditya Ramadhan

Hal itu dikatakan terkait langkah TNI yang telah mengirimkan 140 personel tim medisnya, terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, apoteker, asisten apoteker, perawat dan personel nonmedis untuk bertugas di Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

"Langkah itu sebagai bentuk kesigapan TNI dalam menangani darurat bencana COVID-19," ucapnya dikutip Antara.

Baca Juga:

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Kawasan Wisata Kota Tua Sepi

Dia berharap personel yang terlibat langsung dalam misi tersebut mendapat perhatian khusus dari pimpinan kesatuannya masing-masing.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat terus meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan imbauan pemerintah terkait "social distancing", sehingga penyebaran COVID-19 bisa kita kendalikan. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH