Miliki Tubuh Sehat dengan Jahe Merah Jahe Merah (Foto: Instagram/@A. Sriwijayanti)

JAHE merah memiliki karakteristik berbeda dengan jahe lainnya. Jahe merah atau Zingiber Officinale var rubrum memiliki kulit kemerahan dengan warna merah muda hingga kuning.

Ukuran jahe merah juga lebih kecil dari jahe biasa. Tidak hanya itu, rasanya pun juga berbeda. Jahe jenis ini memiliki rasa yang lebih pahit dan pedas daripada jahe biasa.

Baca juga:

Waspada Corona! Minum Jahe Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Melansir dari laman Benefits-Of ,Jahe memiliki banyak kandungan, seperti gingerol, flavonoid, agen antibakteri, agen antiinflamasi, yang dapat berdampak positif pada kesehatan, misalnya:

1. Membantu mengatasi peradangan otot

Membantu Mencegah Peradangan Otot (Foto: Pixabay/Ractapopulous)

Berbagai bahan dalam jahe dapat bertindak sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu kamu melawan peradangan akut dan kronis. komponen aktif dalam jahe, seperti gingerol, gingerdione, dan zingeron dapat menghambat enzim cyclooxygenase dan lipoxygenasi, sehingga mengurangi leukotrien dan prostaglanding sebagai pemicu peradangan.

Jahe merah juga mengandung oleoresin lebih tinggi dari jahe lainnya, dimana oleoresin juga berfungsi sebagai antiinflamasi. Ototmu akan terasa nyaman jika mengalami peradangan setelah mengonsumsi jahe merah.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk membuktikan efek jahe pada peradangan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet sepak takraw membuktikan pemberian ekstrak jahe selama 10 hari dapat mengurangi nyeri otot pada atlet sepak takraw.

Studi lain yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology juga membuktikan ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot.

2. Mencegah Masalah Pencernaan

Mengatasi Masalah Pencernaan (Foto: Pixabay/HansMartinPaul)

Ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri, sehingga mencegah kamu dari masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen antibakteri pada jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus.

Ketika ditambahkan ke makanan, jahe dapat digunakan sebagai pengawet alami dan dapat mencegah kamu dari keracunan makanan karena bakteri. Tidak hanya itu, kehangatan yang diberikan jahe juga bisa menenangkan pencernaanmu

Baca juga:

Campuran Bahan Alami Ini Melancarkan Menstruasi

3. Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria

Meningkatkan Kesuburan Pria (Foto: Pixabay/Joavitorgomesdelima)

Jahe mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Dengan demikian, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa jahe dapat meningkatkan jumlah testosteron, sehingga dapat meningkatkan kesuburan pria.

Sebuah penelitian menunjukkan pemberian ekstrak jahe yang dikombinasikan dengan mineral seng pada tikus albino jantan dapat meningkatkan testosteron, jumlah sperma, dan kualitas sperma pada tikus. Ini dapat meningkatkan fungsi testis pada tikus. Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkuat temuan ini.

Yuk rutin mengonsumsi jahe merah sahabat Merah Putih! (nic)

Baca juga:

Secangkir Teh Jahe Miliki Banyak Manfaat Dahsyat


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH