Miliki Potensi Besar, Curug Badak & Curug Hanoman akan Dikembangkan Curug Badak punya potensi wisata yang besar. (foto: Inst@spdn10)

CURUG Badak dan Hanoman yang lokasinya berdekatan memiliki potensi wisata yang besar untuk dikembangkan. Curug yang lokasinya berada di perbatasan Tasikmalaya dengan Garut ini selalu dipadati ribuan pengunjung setiap hari. Akses jalan yang cukup mulus ke taman wisata tersebut ikut andil mendatangkan pengunjung.

Meskipun demikian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai perlu adanya perbaikan sarana pendukung di destinasi ini. Hal itu diungkapkan pria yang biasa disapa Emil ini saat berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

BACA JUGA: Pangandaran International Kite Festival 2019 Gaet Wisatawan

Emil memang sengaja datang ke objek wisata yang terbilang cukup jauh dari pusat kota tersebut guna melihat secara langsung potensi yang bisa dikembangkan. "Setiap minggu saya usahakan berkunjung ke tiap desa di Jabar yang punya potensi pariwisata. Hari ini ke Desa Sukasetia melihat beberapa curug yang sudah menjadi destinasi wisata lokal," ujar Kang Emil yang datang didampingi Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto.

curug badak
Pemprov Jabar akan mengembangkan wisata di Curug Badak dan Curug Hanoman. (foto: MP/mauritz)

Setelah melihat langsung lokasi, Emil berpendapat prasarana di sana haruslah ditingkatkan. Melalui program Desa Wisata, Emil mengatakan pemerintah provinsi akan membantu untuk perbaikan pada sejumlah titik. Dengan memaksimalkan potensi wisata di desa, ia berharap perekonomian warga desa bisa terangkat. Mereka bisa membuka restoran, toko oleh-oleh maupun menjadi pemandu wisata. "Dengan Program Desa Wisata, nanti akan ada bantuan dari provinsi. Ujung-ujungnya warga desa tidak usah hijrah ke kota, tapi memaksimalkan potensi desanya untuk bekerja," terangnya.

Di curug Hanoman, Gubernur Jabar mencoba merasakan segarnya air terjun yang berasal dari Gunung Talaga Bodas itu. "Inilah kekayaan Tasikmalaya yang luar biasa, tempatnya menarik tinggal ditambah atraksi tambahan dan promosi," ujarnya.(*)

Artikel ini merupakan laporan kontributor Merahputih.com untuk Jawa Barat, Mauritz.

BACA JUGA: Dikunjungi Jokowi dan Ibu Negara, Berikut Hal Menarik tentang Gua Batu Cermin

Kredit : mauritz


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH