Miliarder Jepang Cari 8 Orang untuk Temani Dirinya ke Bulan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Rabu, 03 Maret 2021
Miliarder Jepang Cari 8 Orang untuk Temani Dirinya ke Bulan
Yusaku Maezawa akan membayar seluruh perjalanan (Foto: time.com)

MILIARDER Jepang Yusaku Maezawa mengundang delapan masyarakat umum untuk bergabung dengannya dalam perjalanan mengelilingi bulan dengan penerbangan SpaceX Elon Musk. "Saya ingin orang-orang dari berbagai latar belakang untuk bergabung," katanya dalam video melalui Twitter, di mana dia juga membagikan tautan untuk menjelaskan detail mengenai cara pendaftaran untuk menjadi temannya dalam perjalanan ke bulan.

Dia berkata, akan membayar seluruh perjalanan, jadi delapan orang yang terpilih dapat ikut dalam penerbangan ke bulan secara gratis. Penerbangan ini merupakan bagian dari misi yang dinamakan dearMoon dan dijadwalkan terbang pada tahun 2023.

Baca juga:

Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19

Pelamar harus memenuhi dua kriteria: mereka harus mengajukan "aktivitas apa pun" yang mereka lakukan untuk "membantu orang lain dan masyarakat yang lebih besar dalam beberapa cara", dan "bersedia mendukung anggota kru lain yang memiliki aspirasi serupa", katanya.

"Saya sudah membeli semua kursi, jadi ini akan menjadi perjalanan pribadi," tambah Maezawa seperti diberitakan bbc.com (3/3). Diberitakan pesawat tersebut memiliki kapasitas 10-12 orang.

Maezawa merupakan penumpang pribadi pertama spaceX, perusahaan Elon Musk. (Foto: 7news.com.au)
Maezawa merupakan penumpang pribadi pertama spaceX, perusahaan Elon Musk. (Foto: 7news.com.au)

Pengusaha mode daring ini sudah membuka pendaftaran gelombang pertama, sejak Rabu (3/3). Tahap pertama pendaftaran, yakni proses aplikasi dan seleksi, dilakukan hingga 21 Maret 2021. Proses akhir wawancara dan pemeriksaan kesehatan diperkirakan akan dilakukan di akhir Mei 2021.

Begitu anggota tim sudah terpilih, mereka akan fokus pada persiapan dan pelatihan selama tahun 2022 dan 2023. Ekspedisi Bulan pribadi ini untuk pertama kalinya dilakukan dengan pesawat ulang alik buatan SpaceX milik CEO Tesla Motors, Elon Musk.

Baca juga:

TV Lipat Seharga Rp5 miliar

Maezawa yang juga kolektor seni asal Jepang ini sebelumnya mengatakan mengenai rencanaya untuk mengundang "seniman" dalam perjalanan di roket Starship. Namun, proyek ini telah disesuaikan dan mencakup golongan yang lebih luas dengan memberi kesempatan pada orang-orang dari seluruh dunia untuk bergabung dalam perjalanan ini. "Jika kamu melihat diri kamu sebagai seniman, maka kamu adalah seniman," katanya.

Miliarder yang ingin punya teman untuk terbang ke bulan ini tahun lalu juga meluncurkan film dokumenter untuk mencari pacar baru untuk bergabung dengannya dalam perjalanan. Namun, rencana ini dibatalkan karena "perasaan campur aduk".

 Jadwal penerbangan ke bulan direncanakan pada 2023 (Foto: insider.com)
Jadwal penerbangan ke bulan direncanakan pada 2023 (Foto: insider.com)

Pada 2018, Maezawa dinobatkan sebagai penumpang pribadi pertama yang diterbangkan mengelilingi bulan oleh SpaceX, perusahaan milik Elon Musk. Harga yang disetujui Maezawa untuk tiketnya ke luar angkasa belum diungkapkan, tetapi menurut Musk itu "uang yang banyak".

Maezawa selama ini dikenal dengan koleksi karya seni dan mobil mewahnya. Ia juga memiliki pengikut Twitter terbanyak di Jepang karena kerap memberikan uang tunai ke orang. Direncanakan pada 2023, misi tersebut akan menjadi perjalanan bulan pertama oleh manusia sejak 1972. (aru)

Baca juga:

Pulau Esok dan Kemarin Hanya Berjarak 3 mil

#Fakta Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan