Miliarder Hibahkan Perusahaan Retail Fashion Miliknya ke Yayasan Amal

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 15 September 2022
Miliarder Hibahkan Perusahaan Retail Fashion Miliknya ke Yayasan Amal
Patagonia menjual pakaian hiking dan pakaian luar ruangan lain di lebih dari 10 negara. (Foto: Twitter/@patagonia)

MILIARDER pendiri outdoor fashion retail Patagonia mengatakan bahwa dia telah menyerahkan perusahaannya kepada sebuah yayasan amal.

Yvon Chouinard mengatakan bahwa di bawah struktur kepemilikan baru, setiap keuntungan yang tidak diinvestasikan kembali dalam menjalankan bisnis akan digunakan untuk memerangi perubahan iklim.

Keuntungan itu akan berjumlah sekitar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,49 miliar per tahun, tergantung pada kesehatan perusahaan.

Baca juga:

Selamatkan Bumi, Jeff Bezos Sumbang Rp 28,6 Triliun

Miliarder Hibahkan Perusahaan Retail Fashion Miliknya ke Yayasan Amal
Miliarder Yvon Chouinard mengatakan, setiap keuntungan yang tidak diinvestasikan digunakan untuk memerangi perubahan iklim. (Foto: patagonia)

Patagonia menjual pakaian hiking dan pakaian outdoor lainnya di lebih dari 10 negara. Didirikan pada 1973, perkiraan pendapatannya adalah USD 1,5 miliar (Rp 22,38 triliun) di 2022 ini, sementara kekayaan bersih Chouinard diperkirakan mencapai USD 1,2 miliar (Rp 17,90 triliun).

"Meskipun sangat luas, sumber daya bumi tidak terbatas, dan jelas kita telah melampaui batasnya," kata Chouinard tentang keputusannya untuk menyerahkan kepemilikan. "Alih-alih mengekstraksi nilai dari alam dan mengubahnya menjadi kekayaan, kami menggunakan kekayaan yang diciptakan Patagonia untuk melindungi sumbernya," ujarnya seperti diberitakan BBC (15/9).

Perusahaan di California itu telah menyumbangkan satu persen dari keuntungan tahunannya kepada para aktivis grass root dan berkomitmen pada praktik-praktik berkelanjutan. Namun, dalam surat terbuka kepada pelanggan, pengusaha yang tampaknya enggan itu mengatakan ingin berbuat lebih banyak.

Dia mengatakan, awalnya mempertimbangkan untuk menjual Patagonia dan menyumbangkan uangnya untuk amal, atau membawa perusahaan itu ke publik.

Namun, kedua opsi itu berarti menyerahkan kendali bisnis. "Bahkan perusahaan publik dengan niat baik berada di bawah terlalu banyak tekanan untuk menciptakan keuntungan jangka pendek dengan mengorbankan vitalitas dan tanggung jawab jangka panjang," jelas Chouinard.

Baca juga:

Aku Sumbang Koleksi Pakaianku untuk Menjaga Lingkungan

Miliarder Hibahkan Perusahaan Retail Fashion Miliknya ke Yayasan Amal
Sebelumnya, Patagonia telah menyumbangkan satu persen keuntungan tahunan kepada aktivis lingkungan. (Foto: Twitter/@patagonia)

Sebaliknya, keluarga Chouinard yang selalu memiliki perusahaan, telah memindahkannya ke dua entitas baru. Patagonia Purpose Trust yang dipimpin oleh keluarga tersebut, akan tetap menjadi pemegang saham pengendali perusahaan tetapi hanya akan memiliki 2 persen dari total sahamnya, kata Chouinard.

Ini akan memandu filantropi dari Holdfast Collective, sebuah badan amal AS yang didedikasikan untuk memerangi krisis lingkungan, yang sekarang memiliki semua saham non-voting, sekitar 98 persen dari perusahaan.

"Setiap tahun uang yang kami hasilkan setelah diinvestasikan kembali dalam bisnis akan dibagikan sebagai dividen untuk membantu memerangi krisis," kata Chouinard.

Chouinard bukanlah pengusaha pertama yang memberikan kekayaan. Pada 2021 bos Grup Hut yang memiliki berbagai merek kecantikan dan nutrisi daring, menyumbangkan GBP 100 juta (Rp 1,72 triliun) ke yayasan amal setelah menjadi miliarder ketika perusahaannya terdaftar.

Matthew Moulding mengatakan tentang kekayaan barunya bahwa dia bahkan tidak bisa memahami angka-angkanya dan berusaha membuat perbedaan.

Sementara itu, pendiri Microsoft Bill Gates pada 2022 berjanji untuk 'mencoret' daftar orang kaya dunia saat ia memberikan sumbangan USD 20 miliar (Rp 298,4 triliun) untuk dana filantropinya.

Bos perusahaan teknologi yang diperkirakan bernilai USD 118 miliar USD (Rp 1,7 kuadriliun) itu, telah berjanji untuk memberikan kekayaannya untuk amal pada 2010, tetapi kekayaan bersihnya meningkat lebih dari dua kali lipat sejak itu. (aru)

Baca juga:

RM BTS Donasikan Rp 1 Miliar untuk Warisan Budaya Korea

#Miliarder #Peduli Lingkungan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan