Milennial Wajib Baca! Ini Deretan Tips Menyiasati Insomnia Ada beberapa tips jitu untuk menyiasati insomnia (Foto: pixabay/danfa)

SULIT tidur atau yang lebih dikenal dengan istilah insomnia, biasanya menyerang banyak orang ketika beristirahat di malam hari.

Biasanya nih guys, insomnia banyak dirasakan oleh anak-anak milenial. Tak sedikit dari mereka yang sulit untuk tidur di malam hari. Hal itu disebabkan lantaran sebelum tidur mereka membuka media sosial, chatting di grup whatsapp atau nonton video di YouTube.

Karena penggunaan ponsel atau gadget sebelum tidur, dapat menyebabkan mata kamu terpapar sinar dari layar ponsel yang menyerupai cahaya di siang hari. Hingga membuat kamu menjadi sulit untuk tidur.

Insomnia sendiri sejatinya merupakan kondisi saat terus-menerus kesulitan atau tak bisa tidur sesuai waktu ideal. Meski dia memiliki kesempatan atau waktu yang cukup untuk beristirahat.

Beberapa penyebab insomnia sendiri antara lain yaitu masalah psikologi, stres, dan cemas.

Selain itu, insomnia bisa disebabkan kondisi medis seperti asma, depresi, nyeri pada sendi serta mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Tapi untuk kamu yang kerap merasakan insomnia, jangan takut, karena ada beberapa langkah untuk menangani insomnia, seperti yang dilansir dari laman alodokter.

Relaksasi

Melakukan relaksasi dengan mencoba gerakan yoga bisa mengatasi insomnia (Foto: pixabay/leninscape)

Sebelum tidur, sebaiknya kamu mengendurkan otot-otot yang tegang. Kamu bisa mencoba gerakan yoga atau relaksasi otot. Ketika kamu tak bisa tidur, ketimbang hanya membolak balikan badangg yang jsutru membuat kamu semakin stres, cobalah bangun untuk melakukan apa saja yang dapat membuat kamu rileks.

Kenali serta lakukan ritual sebelum tidur yang dapat membuat kamu lebih tenang, seperti membaca buku, mandi air hangat, dan mendengarkan musik berirama ringan. Teknik relaksasi cocok diterapkan pada insomnia yang disebabkan oleh stres, kecemasan dan depresi.

Berpikir Positif

Selalu berpikir positif dapat mengatasi insomnia (Foto: pixabay/bearinthenorth)

Cara kedua untuk menangani insomnia, ialah terus berusaha berpikir positif. Karena berpikir positif kamu mampu menangani masalah yang terkadang menjadi penyebab insomnia.

Selain itu, berpikir positif merupakan bagian dari terapi perilaku kognitif dalam psikoterapi. Pemikiran positif dapat membantu dalam menemukan jalan keluar dari sulit tidur.


Pilih Jenis Makanan dan Minuman

Hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan mengandung kafein di sore hari (Foto: pixabay/rawpixel)

Untuk menangani insomnia, sebaiknya kamu hindari mengonsumsi minuman alkohol, teh, dan minuman ringan yang mengandung kafein di sore hari. Karena semua minuman itu berisiko membuat kamu terjada di malam harinya. Sebaiknya konsumsi susu atau minuman hangat yang dapat menjadi pilihan yang menenangkan.

Lalu hindari juga merokok menjelang waktu tidur. Karena kandungan nikotin bisa membuat kamu sulit tidur. Sebaiknya kamu juga tak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks menjelang jam tidur. Karena kelompok makanan tersebut dapat membebani sistem pencernaan dan membuat tubuh menjadi sulit beristirahat

Ciptakan Kamar Tidur yang Nyaman

Buatlah kondisi kamar tidur kamu senyaman mungkin (Foto: pixabay/olichel)

Untuk mencegah insomnia, pastikan kamar tidur kamu senyaman mungkin. Atur suhu kamar yang nyaman, tak terlalu dingin dan tak terlalu panas. Lalu satu jam menjelang tidur kamu bisa mulai mengurangi cahaya di dalam kamar.

Hindari menempatkan jam disisi tempat tidur. Karena bolak-balik melihat jam dan menyadari telah berapa jam kamu mencoba untuk tidur, akan menimbulkan rasa frustasi.

Baca juga:

Tips Jitu Agar Tubuh Tetap Fit Seusai Begadang

Mengubah Gaya Hidup

Ubah Gaya hidup menjadi lebih sehat (Foto: pixabay/sasint)

Perubahan gaya hidup bisa dilakukan dengan pola makan yang lebih sehat darn teratur. Selain itu sediakan juga waktu untuk olahraga setidaknya 2-3 kali seminggu. Karena dapat menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas tidur.

Lalu pastikan juga kamu bergerak aktif setiap harinya, serta mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH