Milenial, 'Digital Marketing' Bisa Bantu Kamu dapat Banyak Cuan Pengusaha Milenial Harus Segera Beralihlah ke Digital Marketing (Foto: Pixabay/Photomix Company)

MILENIAL zaman saat memiliki kesamaan hobi dalam semangat untuk mencari pendapatan. Menurut survey yang di lakukan dengan mengajukan beberapa pertanyaan pada teman sebaya, kebanyakan mereka (milenial) sudah mulai berpikir tentang masa depan finansial, tidak sedikit mereka yang ingin membantu meringankan beban orang tua mereka dalam mengeluarkan uang.

Kemudahan bertukar informasi membuat milenial memanfaatkan smartphone sebagai alat untuk pencari uang. Mereka cenderung dengan cepat berdagang produk sesuai keinginannya dan memasarkannya ke kerabat-kerabat terdekat.

Baca juga:

Kenyataan yang Harus Diterima Generasi Milenial Soal Hidup

Di balik mudahnya melakukan pemasaran secara 'door to door', sebuah teknik yang dinamakan digital marketing bisa membantu kamu mengoptimalkan pemasaran produkmu untuk dikenal lebih banyak orang di seluruh Indonesia.

Digital marketing atau pemasaran digital bisa didefinisikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik atau internet, dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana kamu bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di dunia maya. Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran kamu, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb).

Saat ini, website merupakan pasyaratan utama untuk menang dalam persaingan digital. Data menunjukka bahwa 97 persen konsumen mencari produk maupun jasa yang akan digunakan melalui internet. 70 persen dari mereka mencari perbandingan harga maupun fitur yang ditawarkan dengan produk maupun jasa sejenis. Bahkan 88 persennya memiliki keputusan untuk membeli setelah membaca review produk maupun pelayanannya terlebih dahulu.

Dapat dikatakan website adalah 'toko digital' bagi bisnismu yang bahkan dapat menggantikan keberadaan toko fisik maupun tenaga penjualan konvensional. Berikut beberapa jenis digital marketing yang bisa kamu coba untuk memasarkan produkmu.

1. Social Media Marketing

Milenial, 'Digital Marketing' Bisa Bantu Kamu dapat Banyak Cuan
Social Media Marketing (Foto: Pixabay/Muneebfarman)

Bertambah banyaknya pengguna media sosial dengan beragam keperluan seperti sarana komunikasi, berkumpulnya komunitas, sebagai media mencari informasi, bahkan kini juga semakin dioptimalkan pengusaha sebagai sarana promosi bisnisnya.

Beredarnya berbagai macam platform sosial media sepeti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dsb, membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat dan menjangkau banyak orang.

Penggunaan social media marketing juga digemari banyak milenial karena dapat dilakukan dengan biaya minim bahkan tidak perlu membayar. Memulai dengan biaya minim itu yang menjadi opsi bagi para milenial untuk melakukan trial dan error dalam menjalankan bisnisnya.

Baca juga:

7 Hal Penting yang Dibutuhkan Generasi Milenial untuk Bisa Hidup, Apa Benar?

2. Video Marketing

Milenial, 'Digital Marketing' Bisa Bantu Kamu dapat Banyak Cuan
Video Marketing (Foto: Pixabay/Recklessstudios)

Video marketing menjadi cara yang paling ampuh dalam menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa tentang bisnis yang kamu jalankan. Video Marketing dinilai dapat memuat banyak informasi namun dengan visualisasi yang menarik dan mudah diingat.

Teknik video marketing ini dibuat berdasarkan keinginan pribadi dengan kreativitas yang tiada batas. Teknik pemasaran digital ini dapat dibuat dengan format real hingga animasi 2D dan 3D untuk membuatnya lebih menarik lagi.

3. Online Advertising

Milenial, 'Digital Marketing' Bisa Bantu Kamu dapat Banyak Cuan
Onine Advertising (Foto: Omsetgo)

Teknik promosi ini melalui media promosi atau internet dengan cara berbayar. Online advertising memiliki beberapa pilihan yang beragam sesuai kebutuhan kamu seperti display advertising, social media advertising, PPC, YouTube advertising, dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Pekerja Milenial versus Senior, Babak Baru Drama di Perkantoran


Digital marketing dapat digunakan untuk bisnis apapun di industri apapun. Terlepas dari produk atau jasa yang kamu tawarkan, digital marketing memerlukan persona pelanggan (gambaran akan target penawaran pelangganmu) untuk mengidentifikasi kebutuhan calon customermu, dan yang paling penting adalah menciptakan konten online yang menarik dan membantu mereka.

Selain itu, dengan menggunakan digital marketing, kamu bisa melihat jumlah orang yang telah melihat 'lapak dagang' milikmu di internet dalam sekian waktu dengan menggunakan software digital. kamu juga bisa melihat berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, alat apa yang mereka gunakan, dan dimana mereka bersal.

Pengetahuan ini membantu kamu untuk mengutamakan jenis media marketing mana yang menghabiskan banyak waktu dan yang lebih efesien, berdasarkan jumlah orang yang menggunakan media tersebut untuk ke halaman situs kamu. (Nic)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH