Berantas Stunting di NTT, Mikael Jasin hanya Minum Air Mikael Jasin tunjukkan upaya nyata hentikan stunting. (Foto: Dok. Mikael Jasin)

BARISTA Mikael Jasin, pemenang Indonesia Barista Championship 2019 dan 2020, berpuasa lima hari dengan hanya mengonsumsi air putih (water-only) sejak Selasa (16/8) hingga Minggu (21/8). Aksi ini ia lakukan demi meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya penanganan terhadap isu stunting.

Isu kesehatan itu merupakan masalah akibat kegagalan pertumbuhan pada anak dalam 1.000 hari pertama kehidupan mereka. Dalam menjalankan tantangan tersebut, pria yang akrab disapa Miki ini bermitra dengan Yayasan Seribu Cita Bangsa atau dikenal juga dengan 1.000 Days Fund.

Kolaborasi itu dimaksudkan untuk menggalang dana demi mendorong upaya penanganan stunting.

“Ketika mengunjungi Stunting Center of Excellence 1000 Days Fund di Labuan Bajo, saya baru mengetahui bahwa satu dari tiga anak Indonesia ternyata mengalami gagal tumbuh dalam 1.000 hari pertama mereka. Hal itu menyebabkan daya tahan tubuh mereka lemah sehingga mereka mudah sakit dan juga kurang cerdas,” ujar Mikael dalam kesempatan diskusi bersama 1000 Days Fund lewat Instagram Live.

Fakta tersebut membuatnya bertekad berkontribusi dalam upaya memastikan anak-anak Indonesia memiliki kesempatan hidup sehat dan bahagia di mana pun mereka berada dengan mengoptimalkan 1.000 hari pertama kehidupan mereka.

Baca juga:

Kisah Mikael Jasin, Dari Tukang Cuci Piring Hingga Panggung Barista Dunia

Jasin ingin isu stunting bisa diatasi. (Foto: Dok. Mikael Jasin)

“Banyak sekali ternyata faktor yang terlibat untuk memastikan seoarang anak tidak stunting atau gagal tumbuh. Mulai dari cek kehamilan, pemberian air susu ibu (ASI), pemberian vitamin A, obat cacing, serta imunisasi sejak anak lahir hingga usia dua tahun,” jelas pria berusia 32 tahun itu.

Menurut WHO, jika stunting tidak dicegah, sebanyak 127 juta anak di bawah usia lima tahun akan mengalami stunting pada 2025. Untuk itu, WHO meminta peran dan aksi dari seluruh negara untuk membantu mengurangi angka stunting ini menjadi 100 juta di 2025.

Sebagai langkah menekan angka stunting, pemerintah Indonesia pun melakukan berbagai upaya. Kementerian Kesehatan menggalakkan pemberian tablet tambah darah bagi para remaja putrI, pemberian ultrasonografi (USG) ke seluruh puskesmas bagi ibu hamil, serta pemberian makanan tambahan berupa protein hewani kepada anak berusia 6-24 bulan.

Setelah melihat fakta itu, Mikael melakukan upaya menggalang dana untuk menaikkan kesadaran akan pentingnya upaya pencegahan penyakit yang mengancam gizi anak-anak Indonesia tersebut. Bersepeda dari Jakarta ke Yogyakarta pernah ia lakukan pada 2020 untuk menggalang dana demi mencegah stunting.

Hasilnya, pria yang pernah meraih posisi keempat dalam ajang World Barista Championship 2019 ini berhasil mengumpulkan dana hingga USD 2.135 (Rp 31,5 juta) yang diberikan kepada 500 Selimut Cerdas dan disalurkan ke 500 ibu hamil serta upaya mencegah stunting pada 500 anak.

Baca juga:

Mikael Jasin Segera Rilis Catur Collection, Kopi Istimewa Cita Rasa Indonesia: Bumi, Senja, Pucuk dan Kamala

Jasin sukses galang dana hingga puluhan juta rupiah. (Foto: Dok. Mikael Jasin)

“Salah satu yang menjadi tantangan utama dalam mencegah stunting ialah mendorong perubahan perilaku yang bekelanjutan,” ujar Chief of Staff of 1000 Days Fund Maritta Rastuti, .

“Program kami menyasar perubahan perilaku yang bekelanjutan ini, dengan melatih bidan dan kader selaku sumber informasi kesehatan di garda terdepan. Kami menyediakan alat edukasi stunting yang tidak hanya menarik tapi juga memuat informasi yang mudah dipahami dan berfungsi sebagai pengingat untuk terus melakukan kebiasaan yang bisa mencegah stunting,” tambah Maritta.

Setelah melakukan aksi bersepeda di 2020, tahun ini Mikael Jasin memutuskan untuk melakukan puasa lima hari dengan hanya mengonsumsi air putih. Hingga Rabu (24/8), penggalangan dana tersebut telah mengumpulkan sebesar USD 1.765 (Rp 26,1 juta).

Selain untuk menggalang dana, bagi Jasin, terdapat banyak manfaat khususnya bagi tubuh dalam menjalankan puasa hanya dengan mengonsumsi air putih. Berdasarkan jurnal dari Clinical and Translational Medicine pada 2021, puasa lima hari hanya dengan mengonsumsi air putih baik untuk tubuh karena tidak menimbulkan toksisitas.

Tak hanya itu, berbagai manfaat pun didapatkan bagi seseorang yang melakukan aktivitas ini, yakni mencegah dan mengobati penyakit peradangan, mengurangi sindrom metabolik, sekaligus membuat seseorang awet muda.

Mikael berharap aksi yang ia lakukan ini dapat mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi kasus stunting di Indonesia. Ia juga mengajak semua pihak untuk turut ikut serta peduli dengan isu ini. (waf)

Baca juga:

Tampil di World Coffee Championship, Mikael Jasin Didukung Petani Kopi Flores

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tes Cepat COVID-19, Bagus Usap Rongga Hidung atau Mulut
Fun
Tes Cepat COVID-19, Bagus Usap Rongga Hidung atau Mulut

Setelah mencari lebih banyak tes, pengambilan sampel tenggorokan dan hidungnya menghasilkan hasil positif.

Pertolongan Pertama Psikologis pada Upaya Bunuh Diri
Fun
Pertolongan Pertama Psikologis pada Upaya Bunuh Diri

Berikan pertolongan pertama pada orang yang ingin bunuh diri.

Jangan Tunda Lagi Cari Tahu Dunia Investasi di The Investment House
Hiburan & Gaya Hidup
Jangan Tunda Lagi Cari Tahu Dunia Investasi di The Investment House

Hasrat Generasi Z (Gen Z) menyelami dunia investasi cukup tingg

UD Truck Quester Euro 5 Dibekali Teknologi Canggih, Bisa Pakai Bio Solar
Hiburan & Gaya Hidup
UD Truck Quester Euro 5 Dibekali Teknologi Canggih, Bisa Pakai Bio Solar

UD Truck Quester Euro 5 kini dibekali teknologi canggih. Bahkan, truk ini bisa menggunakan bahan bakar Bio Solar.

VW Ciptakan Kursi Kantor, Bisa Melaju hingga 20 Km/Jam
Fun
VW Ciptakan Kursi Kantor, Bisa Melaju hingga 20 Km/Jam

Sayangnya kursi ini tidak diproduksi untuk massal.

Angel Pieters Rayakan Usia Ke-25 dengan Mini Album 'Satu Per Empat'
ShowBiz
Angel Pieters Rayakan Usia Ke-25 dengan Mini Album 'Satu Per Empat'

Angel Pieters menyuguhkan total tujuh lagu yang merupakan gambaran perasaannya menuju usia ke-25.

Hybe Bagikan Detail Webtoon dan Novel Web BTS, TXT, dan ENHYPEN
ShowBiz
Hybe Bagikan Detail Webtoon dan Novel Web BTS, TXT, dan ENHYPEN

Cerita asli yang akan dirilis perama kali ialah 7Fates: Chakho dengan BTS.

Emilia Clarke Tepergok sedang Syuting Marvel 'Secret Invasion'
ShowBiz
Emilia Clarke Tepergok sedang Syuting Marvel 'Secret Invasion'

Sedang syuting bersama Samuel L Jackson.

Microsoft PHK Karyawan Lagi, Hampir Mencapai 1000 Tenaga Kerja
Fun
Microsoft PHK Karyawan Lagi, Hampir Mencapai 1000 Tenaga Kerja

Kali kedua Microsoft PHK karyawan secara besar-besaran.

Turnamen Lead National Series Mabarkuy 2022 Kembali Hadir
Fun
Turnamen Lead National Series Mabarkuy 2022 Kembali Hadir

Terdapat tiga cabang game yang dipertandingkan.