Mie Titi, Hidangan Khas Makassar, Kuahnya Mirip Capcay Mie Titi. (Foto: Twitter/@kuliner_Bandung)

KULINER khas Makassar bukan cuma sop konro. Mie Titi merupakan salah satu hidangan khas Makassar yang mesti Anda ketahui. Khususnya bila Anda pantang makan daging.

Awal mula terciptanya nama Mie Titi bukan semata-mata jenis makanan, kata titi sendiri berasal dari nama panggilan sang empunya mi kering Makassar yang terkenal di tahun 70-an.

Mie Titi. (Instagram/@reskyanaabadi09)

Kepopuleran Mie Titi tak hanya di wilayah Makassar saja. Kuliner yang satu ini juga telah merambah kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta.

Mie Titi sendiri merupakan sebuah mie kering yang berbeda dari mie kering lainnya. Karena Mie Titi bertekstur tipis.

Saat disajikan, mi kering ini disiram dengan tumis sayur seperti capcay, namun memiliki kuah yang lebih kental. Sama seperti capcay, kuah Mi Titi terdiri pula dari ayam, cumi, udang, bakso, dan kadang-kadang hati.

Anda disarankan menyantap mi selagi kuahnya dalam kondisi hangat, karena akan terasa lebih nikmat. Dan kuahnya juga belum semakin kental. Jika ingin terasa lebih nikmat, tambahkan jeruk nipis dan taburan bawang goreng mi. Penasaran? Kalau liburan di Makassar, jangan lupa mencicipi hidangan yang satu ini, ya.(*)

Yuk simak berita tentang kuliner yang lainnya 5 Cemilan Nikmat Yang Banyak Dijual Di Bandung



Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH