Mie Koba, Kuah Tenggirinya Bikin Rindu Bangka Terus Mie Koba berasal dari Koba, Kabupaten Bangka Tengah (Foto: Instagram/@vicopranata)

SIAPAPUN tentu tidak ada yang menolak kenikmatan santapan mie. Di Indonesia memiliki beragam olahan mie di setiap daerahnya. Seperti di Kawasan Bangka. Ada satu kuliner olahan mie yang bakal membuat kamu ketagihan. Mie Koba ialah mie dengan kuah tenggiri khas Bangka. Rasanya sangat gurih.

Sama seperti namanya, mie koba memang berasal dari daerah Koba. Letaknya berada di Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Di Bangka Mie Koba sudah menjadi makanan harian warga lokal. Tapi bagi para wisatawan, mie koba ialah kuliner yang harus diburu saat melancong ke Bangka.

Mie koba disajikan dengan telur, dan sayuran (Foto: instagram@ojipismaputra)

Sebenarnya isi satu porsi mie koba ini cukup sederhana. Hanya berisi mie, telur, toge, seledri, dan bawang goreng. Tapi jangan salah, rasanya begitu khas. Kuah tenggirinya membuat kamu lupa daratan dan bikin rindu mampir ke Bangka terus.

Mienya terbuat dari bahan berkualitas. Mie koba berbahan gandum pilihan. Sehingga tidak mengherankan jika berbicara dari tekstur, kekenyalan yang dimiliki mie koba pas banget di lidah. Mengunyahnya juga enak, tidak akan membuat rahang kamu pegal.

Mienya terbuat dari gandum pilihan (Foto: Pexels/Pixabay)

Di Bangka dan Belitung juga terkenal dengan buah jeruk kunci. Rasanya asam dan kecut tapi begitu menyegarkan.

Jeruk kunci inilah salah satu bahan rahasia yang membuat kuah tenggiri mie koba semakin nikmat. Saat mencicipi kuahnya kamu akan merasakan kepekatan kuah yang sedikit memiliki rasa asam, tapi tetap lezat.

Jika kamu berkesempatan mampir ke Bangka, ada satu tempat paling recommended yang menyediakan mie koba sejak tahun 1980-an. Lokasinya berada di Jalan Balai, Pangkal Pinang. Jangan tanya berapa pengunjung dalam sehari yang mampir ke tempat ini. Jumlahnya mencapai ratusan. Jadi sudah bisa ditebak bagaimana nikmatnya mie koba dari Bangka. (ikh)

Baca juga: Sambal Rusip, Cocolan Berbahan Dasar Ikan Teri yang Bikin Nagih

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH