Microsoft Umumkan Windows 11 dengan Desain dan Fitur Baru

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 25 Juni 2021
Microsoft Umumkan Windows 11 dengan Desain dan Fitur Baru
Tampilan Windows 11 lebih sederhana dengan desain dan fitur baru (Foto: YouTube Windows)

MICROSOFT secara resmi mengonfirmasi nama untuk rilis Windows generasi berikutnya, yaitu Windows 11. Sebenarnya kabar ini sudah beredar beberapa bulan lalu, hingga akhirnya sistem operasi baru ini resmi akan datang dengan fitur dan desain tampilan baru.

Tetapi masih belum dipastikan kapan akan dirilis. Namun, Microsoft telah berjanji untuk menyediakannya upgrade gratis bagi pengguna Windows 10. Perusahaan juga mengharapkan Windows 11 bisa muncul di beberapa titik pada Oktober mendatang.

Fokus besar pada Windows 11 adalah penyederhanaan dekstop, toko Windows baru, dan peningkatan kinerja dan multitasking. Tidak hanya itu, Windows 11 juga akan menyertakan dukungan untuk menjalankan aplikasi Android untuk pertama kalinya.

Baca juga:

Bocoran Model dan Spesifikasi Apple iPhone 13

Kepala Windows Panos Panay mengatakan "tim telah terobsesi dengan setiap detail." Windows 11 juga akan menyertakan mode gelap dan terang yang telah diperbarui dan terlihat jauh lebih baik daripada yang kita lihat di Windows sebelumnya.

Terdapat tambahan Microsoft Snap Layouts, yang memungkinkan kamu dengan cepat memasukkan aplikasi ke dalam berbagai mode tampilan yang didukung Windows 11. OS terbaru ini juga akan mengingat di mana aplikasi kamu disimpan, berkat sesuatu yang disebut Grup Snap.

Cara seperti ini biasanya berguna untuk pekerjaan yang menggunakan banyak monitor, dan memastikan bahwa aplikasi selalu terbuka di layar. Ini juga bisa membantu kamu ketika menggunakan laptop yang terhubung ke monitor.

Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams langsung ke Windows 11 untuk konsumen. Teams terintegrasi langsung ke bilah tugas, memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.

Jelas ini perubahan besar cukup dari yang mirip dengan Skype, yang sebelumnya aplikasi ini menjadi bagian dari Windows 10. Bahkan ada tombol bisu universal di baki sistem, kamu dapat dengan mudah menonaktifkan mikrofon di semua aplikasi. Xbox yang menjadi bagian dari Microsoft juga dikabarkan hadir di Windows 11. Auto HDR, fitur di Xbox Series X / S, akan menjadi bagian dari Windows 11.

Baca juga:

Fitur-Fitur Baru Instagram Akhirnya Sampai Indonesia

Microsoft juga menjanjikan peningkatan kecepatan dan kinerja untuk Windows 11. Fitur DirectStorage akan menjadi bagian dari Windows 11, fitur baru dari Xbox Series X / S. untuk menggunakan fitur ini, kamu harus memerlukan drive NVMe terbaru agar kompatibel.

DirectStorage bertujuan untuk mempercepat waktu pemuatan game di Windows 11, dan pengembang game perlu mengaktifkan teknologi ini untuk meningkatkan penyimpanan agar lebih mudah.

Salah satu Tampilan Windows dengan memainkan aplikasi media sosial android. (foto: YouTube Windows)
Salah satu Tampilan Windows dengan memainkan aplikasi media sosial android. (foto: YouTube Windows)

Terakhir dan yang cukup mengejutkan, salah satu trobosan terbesar dari Windows 11 adalah penyimpanan dan dukungan baru untuk aplikasi Android di Windows. Microsoft Store didesain ulang, yang akan mendukung seluruh host aplikasi yang biasanya tidak tersedia. Itu termasuk aplikasi dari Adobe Creative Suite, dan aplikasi Android termasuk TikTok dan Instagram.

Microsoft telah mendemonstrasikan TikTok dan aplikasi Android lainnya yang berjalan bersamaan dengan aplikasi Windows, dan perusahaan berencana untuk membagikan lebih banyak informasi tentang ini dalam beberapa bulan mendatang seiring perkembangannya. (Rzk)

Baca juga:

Bos Instagram Belum Puas dengan fitur Reels

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan