Microsoft Tidak Rilis 'The Elder Scrolls 6' di PlayStation 5? Kemungkinan besar pemain The Elder Scrolls 6 di platform Microsoft akan di anak emaskan (Foto: Bethesda)

PARA gamer amat antusias saat trailer singkat game The Elder Scrolls 6 rilis di E3 2018 lalu. Namun, hal ini menjadi moment of silent ketika mendengar akuisisi Microsoft terhadap ZeniMax memiliki pengaruh lebih ke Sony.

Wakil president Xbox, Phil Spencer berencana untuk tidak merilis The Elder Scrolls 6 di PlayStation 5. Dilansir dari laman Kotaku, Microsoft juga tidak merilis game Bethesda lainnya, Fallout.

Baca juga:

Game yang Bisa Dimainkan di Hari Pertama Peluncuran Xbox Series X

Spencer mengatakan bahwa dana Rp110 Triliun dipakai untuk investasi Microsoft terhadap Bethesda. Ia juga menjelaskan tentang cara main akuisisi Microsoft untuk dapat mensejahterakan ekosistem di franchise Bethesda.

Menurutnya, banyak sekali platform milik Microsoft yang siap untuk memainkan game-game terbaik Bethesda. Di antaranya xCloud, game-game di Microsoft, Game Pass, serta konsol yang sudah ia rilis.

Salah satu game terbaik Bethesda kemungkinan absen di konsol next-gen milik Sony (Foto: Game Rant)

Untuk kamu yang belum tahu tentang franchise kesayangan Bethesda ini, The Elder Scrolls adalah franchise Bethesda sejak 1994. Game yang mereka garap ini memiliki inovasi terbaik di bidang grafis, serta memiliki ide terbaik yang membuat para gamer mampu memainkan game tersebut berjam-jam.

Dua game terbaik dari franchise ini ada di The Elder Scrolls IV: Oblivion (2006), dan The Elder Scrolls V: Skyrim (2011). Kedua game tersebut mendapatkan gelar Game of the Year pada masanya.

Baca juga:

Ini nih, Cuplikan Game Marvel's Spider-Man: Miles Morales di PlayStation 5

The Elder Scrolls Online adalah satu-satunya franchise mereka yang bergenre MMORPG. Genre ini memungkinkan pemain berkumpul secara online untuk mengalahkan musuh-musuh di era medieval yang banyak cerita legenda mistis.

The Elder Scrolls 5 Skyrim menjadi Game of the Year di masanya (Foto: Game Rant)

Tapi tenang saja, Microsoft tak akan semerta-merta memonopoli franchise Bethesda demi kepentingan perusahaan. Besar kemungkinan pemain akan mendapatkan privilege ketika mereka memainkan franchise Bethesda di platform milik Microsoft.

Kemungkinan ini bisa saja terjadi layaknya akuisisi Sony terhadap Spider-Man demi tidak merilis superhero laba-laba tersebut ke dalam game Marvel's Avengers di platform lain.

Mungkin saja privilege tersebut bisa akses hari pertama menggunakan fitur Game Pass untuk game The Elder Scrolls 6, atau konten eksklusif bila pemainnya membeli game tersebut di Xbox Series X.

Tapi bila Microsoft benar-benar bertindak seperti akuisisi franchise Rare 2002 lalu, Bethesda mungkin tidak diperbolehkan untuk menyentuh franchise lain selain Microsoft. (dnz)

Baca juga:

PlayStation 5 Tak Ada 'Loading Screen', Kelebihan atau Kekurangan?

Kredit : aldonov_danoza

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH