Game

Microsoft Resmi Akuisisi ZeniMax, Induk Perusahaan Bethesda

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 23 September 2020
Microsoft Resmi Akuisisi ZeniMax, Induk Perusahaan Bethesda
Zenimax menjual aset perusahaannya ke Microsoft seharga Rp110,6 Triliun (Foto Microsoft)

SEBENARNYA sudah menjadi rahasia umum bila developer yang sukses, kemungkinan besar akan diakuisisi oleh Microsoft. Seperti Rare yang sukses dengan game yang memiliki kualitas terbaik di zamannya, Mojang dengan game sandbox terbaiknya Minecraft. Kali ini Bethesda yang sukses dengan franchise Doom dan The Elder Scrolls, yang akan merilis sekuelnya dalam waktu dekat.

Kali ini bukan Bethesdanya saja yang diakuisi. Melainkan induk dari perusahaannya itu, ZeniMax. Kira-kira apa ya yang ada di pikiran Microsoft mengakuisisi ZeniMax?

Baca Juga:

Warganet Ingin Game 'Sonic the Hedgehog' Dibatalkan, Ada yang Salah?

game
Game milik Zenimax akan beralih ke tangan Microsoft. (Foto Zenimax)

Dilansir dari laman Polygon, Microsoft resmi membeli perusahaan ZeniMax seharga Rp110,6 Triliun. Alasan penjualan perusahaan ini karena Michael Dominguez, Cal Ripken Jr., dan Jerry Bruckheimer selaku investor dari perusahan ZeniMax menyatakan pensiun.

Dengan demikian ZeniMax butuh darah segar untuk tetap membuat perusahaan ini beroperasi. Apalagi saat ini anak perusahaan mereka, Bethesda, tengah naik daun. Makanya kemudian ZeniMax berakhir di tangan Microsoft dengan dana yang segar dan besar.

Yang menjadi pertanyaan adalah mungkinkah Microsoft memberi keleluasaan bagi perusahaan konsol lain? Seperti Sony atau Nintendo misalnya.

Baca Juga:

Mirip Werewolf, Game Among Us Mendadak Viral Karena Bisa 'Menipu'

game
GhostWire: Tokyo, game yang masih terikat kontrak dengan Sony (Foto Sony)

Kemudian dengan bujet yang digelontorkan oleh Microsoft mungkin menjadi alasan bagi mereka untuk membatasi perilisan game dari Bethesda. Bisa jadi akan membuat game ini menjadi eksklusif di konsol, atau PC milik Microsoft. Namun disisi lain, Sony masih terikat kontrak dengan Bethesda terkait game yang akan rilis di konsol PlayStation. Yakni game buatan Deathloop dan GhostWire: Tokyo dari Tango Studios yang dipublikasikan oleh Bethesda.

Pembatasan ini mungkin akan menjadi senjata pamungkas Microsoft untuk melawan game eksklusif Sony yang akan rilis di PlayStation 5. Microsoft bakal memiliki game-game yang keren seperti Horizon Forbidden West, dan Spider-Man Miles Morales. Kira-kira Xbox Series X mungkin akan kedatangan game Bethesda yang menjadi daya tarik para gamer next-gen. Seperti seri The Elder Scrolls terbaru atau menurut kamu apa nih rencana kece yang akan Microsoft dan Bethesda lakukan? (dnz)

Baca Juga:

Final Fantasy XVI Siap Rilis untuk PlayStation 5

#Game #Gamers #Video Game #Microsoft
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan