Microsoft Naikkan Harga Xbox Live Gold

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 23 Januari 2021
Microsoft Naikkan Harga Xbox Live Gold
Microsoft naikkan harga Xbox Live Gold. (Foto: The Verge)

MICROSOFT akan segera menaikkan harga langganan Xbox Live Gold. Perusahaan perangkat lunak raksasa itu telah mulai memberi tahu para pelanggan Xbox Live Gold tentang perubahan di pasar tertentu, dan akan melihat kenaikan harga sekitar satu dolar, menjadi US$10,99 (Rp154 ribu) per bulan di AS dan US$5 (Rp70 ribu) perbulan untuk paket keanggotaan tiga bulan.

Dilansir dari The Verge, Jumat (22/1), harga langganan 12 bulan dan enam bulan juga naik, tetapi kenaikan itu tidak akan mempengaruhi pelanggan yang sudah berlangganan. Microsoft juga mengizinkan anggota Xbox Live Gold untuk mengubah sisa waktu Gold mereka menjadi Xbox Game Pass Ultimate (hingga 36 bulan).

Baca juga:

BSSN dan Huawei Tingkatkan Komitmen Pendeteksian Keamanan Siber Sejak Dini

Konversi tersebut artinya, jika anggota memiliki sisa 11 bulan Xbox Live Gold di akunnya, pengguna dapat meningkatkan ke Xbox Game Pass Ultimate dan mengubahnya menjadi 11 bulan untuk akun Ultimate tanpa biaya tambahan.

Tahun lalu, Microsoft diam-diam menghapus opsi langganan 12 bulannya. (Foto: Unsplash/louis philippe poitras)
Tahun lalu, Microsoft diam-diam menghapus opsi langganan 12 bulannya. (Foto: Unsplash/louis philippe poitras)

Tahun lalu, Microsoft diam-diam menghapus opsi langganan 12 bulannya yang dulu dihargai US$60 (Rp845 ribu). Sementara Sony masih menawarkan langganan 12 bulan akun PlayStation Plus seharga US$60 (Rp845 ribu).

Bagaimanapun, sepertinya langkah yang diambil Microsoft dirancang untuk mendorong pelanggan Xbox Live beralih ke Xbox Game Pass Ultimate yang menawarkan akses Xbox Live Gold, streaming xCloud, dan akses ke lebih dari 100 game.

Baca juga:

SnackVideo Hadirkan Creator Academy Bersama Rey Mbayang dan Dinda Hauw

Banyak yang berharap agar Microsoft membatalkan kenaikan biaya Xbox Live-nya, atau setidaknya mengizinkan game yang dimainkan gratis untuk mengakses fitur multiplayer di konsol Xbox secara gratis. Namun permasalahan utamanya bukan lah mengenai game-nya, melainkan bagi banyak orang. Dalam beberapa tahun, langkah ini menandai pertama kalinya harga Xbox Live Gold naik.

Ini menandai pertama kalinya harga Xbox Live Gold naik, dalam beberapa tahun. (Foto: Unsplash/alex carmichael)
Ini menandai pertama kalinya harga Xbox Live Gold naik, dalam beberapa tahun. (Foto: Unsplash/alex carmichael)

“Di banyak pasar, harga Xbox Live Gold tidak berubah selama bertahun-tahun dan di beberapa pasar, tidak berubah selama lebih dari 10 tahun,” kata tim Xbox Live Gold .

Perubahan tidak akan berlaku hingga setidaknya 45 hari setelah pelanggan Xbox Live menerima pesan dari Microsoft yang memberi tahu mereka tentang kenaikan harga.

“Jika kamu berada di wilayah di mana harga sedang disesuaikan, kamu akan menerima email dan pemberitahuan selama bulan depan yang memberi tahu kamu berapa harga baru untuk keanggotaan kamu,” kata Microsoft. (Kna)

Baca juga:

MacBook Air 2021 Dukung Pengisian Daya MagSafe?

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan