Microsoft Matikan WindowsXP secara Total Microsoft membuat WindowsXP enggak bisa lagi digunakan. (foto: Youtube)

SETELAH 18 tahun, Microsoft akan mematikan penggunaan Windows XP secara total. Windows XP akan dinyatakan mati total.

Microsoft memberikan update terakhir untuk Windows XP pada 5 April lalu dalam update KB4487990. Pembaruan itu dibuat berdasarkan zona waktu Sao Tome dan Principe serta Qyzylorda di Kazakhstan.

Walau secara resmi Windows XP telah berakhir pada 2014, masih ada komputer yang bertahan memakai Windows XP. Banyak pengguna Windows XP yang menggunakan OS tersebut untuk membuat malware, seperti malware WannaCry Ransomware. Hal itu dilakukan karena Windows XP lebih efektif dalam menyebar ransomware tersebut.

microsoft
Pengguna disarankan beralih ke Windows 10. (foto:Wired)

Sekitar 200 ribu komputer dari 150 negara terkena dampak dari malware tersebut. Kerugian yang terjadi mencapai jutaan hingga miliaran dollar. Sebanyak 70 ribu perangkat, termasuk komputer, pemindai MRI, kulkas untuk menyetor darah, dan seperangkat alat teater bioskop terjangkit WannaCry tersebut.

Microsoft menyarankan keppada pengguna Windows untuk beralih ke Windows 10 atau Windows 10 Pro bagi yang mendapatkan update POSReady 2009 di komputer mereka. Meskipun demikian, mesin komputer itu belum tentu dapat bertahan dengan OS yang lebih berat daripada Windows XP. Tetap saja, Microsoft menyarankan penggunanya untuk beralih ke yang lebih terbaru.(ald)



Dwi Astarini