Teknologi

Microsoft Defender Segera Dirilis

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 20 Juni 2022
Microsoft Defender Segera Dirilis
Microsoft Defenderakan segera dirilis(Foto: Pixabay/efes)

KABAR terbaru datang dari raksasa teknologi Microsoft. Perusahaan besutan Bill Gates tersebut merilis aplikasi baru bernama Microsoft Defender. Aplikasi itu berfungsi sebagai 'satpam siber' untuk sistem operasi Windows, macOS, iOS, dan Android.

Microsoft Defender sebetulnya merupakan nama yang dipakai Microsoft untuk fitur antivirus yang sudah bertahun-tahun ada pada Windows. Namun, saat ini pihak Microsoft memperbaruinya menjadi perangkat lunak yang bisa dipakai di berbagai platform.

Baca Juga:

Bill Gates Lebih Pilih Ponsel Samsung Ketimbang Microsoft

Microsoft Defender akan menjadi 'satpam siber' untuk sistem operasi Windows, macOS, iOS, dan Android. (Foto: Microsoft)

Microsoft Defender nantinya akan tersedia untuk pelanggan Microsoft 365 Personal and Family. Fiturnya yang dihadirkan bervariasi tergantung pada platformnya. Seperti pada iOS dan iPadOS, tidak ada perlindungan antivirus, tapi hanya ada perlindungan dari phising di jejaring.

Seperti dilansir The Verge, pada Android, Microsoft Defender dilengkapi perlindungan antivirus dan kemampuan yang dapat mendeteksi malware. Aplikasi itu akan memindai sejumlah tautan untuk perlindungan phising.

Sementara itu, pada Windows, Defender lebih mirip dasbhoard dan bukan menggantikan aplikasi Windows Security yang telah terintegrasi di Windows.

Pada Microsoft Defender, terdapat pula fitur yang bisa memberi peringatan dan tips. Secara khusus, tips hanya tersedia pada Windows dan macOS.

Baca Juga:

Bill Gates Sebut Elon Musk Bisa Membuat Twitter Lebih Buruk

Microsoft menjanjikan bila mereka akan menghadirkan lebih banyak fitur lagi ke depannya (Foto: microsoft)

Fitur yang ditawarkan Microsoft tidak berbeda jauh dengan beragam aplikasi dan layanan sejenis. Meski demikian, Microsoft menjanjikan akan menghadirkan lebih banyak fitur lagi di masa depan.

"Ekspasi dari portfolio keamanan kami dengan Microsoft Defender untuk individu ialah perjalanan yang natural dan menarik bagi kami sebagai perusahaan keamanan. Ini baru permulaan," tutur Corporate Vice President Microsoft Security Vasu Jakkal.

Jakkal menjelaskan, seraya melihat ke masa depan, Microsoft akan melanjutkan untuk menghadirkan lebih banyak perlindungan dalam sebuah dashboard. Termasuk fitur semacam perlindungan pencurian identitas serta perlindungan keamanan daring. (Ryn)

Baca Juga:

Intip Deretan Jet Pribadi Mewah Milik Bill Gates

#Teknologi #Microsoft
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan