Teknologi

Microsoft dan Apple Kerja Bareng untuk Bikin Controller Xbox

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 24 November 2020
Microsoft dan Apple Kerja Bareng untuk Bikin Controller Xbox
Microsoft dan Apple kembangkan fitur untuk kontroler Xbox di iOS (Foto Xbox.com)

PERUSAHAAN teknologi Microsoft dan Apple tengah bekerja sama untuk mengembangkan controller Xbox. Dalam kerja sama kali ini, kedua raksasa teknologi itu akan membuat pengendali terbaru dari Xbox seri X dan seri S agar bisa digunakan di iPhone dan iPad.

Dikutip The Verge, Jumat (20/11), untuk saat ini, controller baru belum secara resmi mendukung iOS dan iPadOS. Namun, Apple mengatakan mreka dan Microsoft sedang bekerja sama dalam menghadirkan kemampuan tersebut untuk Xbox seri X. Hal itu akan tersedia bagi para pengguna dalam pembaruan yang akan datang.

BACA JUGA:

Niat Hati Beli PS5, Tapi Malah Dapat Panggangan dan Sekarung Beras

Ini bukan kali pertama Microsoft dan Apple bekerja sama untuk mengembangkan controller Xbox. Pada awal 2020, dua perusahaan ini juga bekerja sama dalam mengembangkan dukungan untuk pengendali Xbox Elite 2 dan kontroler Xbox Adaptive. Kerja bareng itu menghasilkan controller dari dua versi Xbox tersebut bisa digunakan untuk iOS 14. Pengembangan itu mereka lakukan hampir satu tahun setelah perilisan Xbox Elite 2.

controller XBox
Controller DualSense mungkin juga akan didukung Apple. (Foto Techradar)

Hingga saat ini, masih belum ada kejelasan berapa durasi yang dibutuhkan bagi Apple untuk megesahkan controller baru dari Xbox X ini. Akan tetapi, ada rumor yang menyebut nantinya controller DualSense milik Sony juga akan mendapatkan dukungan untuk iOS. Seperti yang dilaporkan Apple Insider, dikutip The Verge, iOS 14.3, yang saat ini masih dalam versi Beta, terlihat mencantumkan dukungan ‘di balik layar’ untuk controller Sony PS5 DualSense.

Dalam catatannya, Apple belum menyinggung tentang dukungannya terhadap pengendali DualSense milik Sony. Namun, para pengguna mengharapkan agar kali ini mereka tidak perlu waktu satu tahun untuk memasukan fitur yang mendukung controller Xbox dan Dualsense.

apple
Apple sudah meluncurkan iOS 14.3 pada 17 November 2020 (Foto Unsplash_Drew Willson)

Jika nantinya fitur ini sudah dapat digunakan, para pemain game yang menggunakan iPhone akan sangat dibuat nyaman.

Apple merilis iOS 14.3 Beta pada 17 November lalu. Dalam pembaruan itu, Apple memberikan fitur penyimpanan foto dalam bentuk RAW untuk iPhone 12 pro dan iPhone 12 Pro Max. Selain itu, iOS 14.3 juga akan memberikan saran aplikasi pihak ketiga pada saat proses setup.(Kna)

BACA JUGA:

Mengkritik Grup Idola K-Pop Terkenal, Berani?

#Gaming #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan