Microsoft Berencana Akuisisi TikTok, Bill Gates: Ini Kesepakatan yang Aneh Bill Gates mengatakan bahwa ini menjadi kesepakatan yang aneh. (Foto: Bloomberg)

PENDIRI Microsoft Bill Gates akhirnya buka suara mengenai pernyataan yang mengatakan bahwa perusahaannya ingin mengakuisisi aplikasi TikTok di AS.

Mantan CEO Microsoft tersebut mengatakan bahwa pemerintah AS yang dipimpin Trump terlalu memaksakan rencana akuisisi ini. Trump sendiri menginginkan TikTok untuk menyerahkan seluruh sahamnya di AS.

Beberapa minggu lalu, Trump mengancam akan memblokir TikTok di AS berkaitan dengan keamanan data pengguna di negeri tersebut.

Baca juga:

Wew, TikTok Dikabarkan Akan Diakuisisi Microsoft

Perusahaan induk TikTok, ByteDnace, berbasis di Tiongkok namun memiliki kantor pusat di AS tepatnya di wilayah selatan California.

Sejak saat itu, Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang aplikasi tersebut dalam 45 hari kedepan kecuali perusahaan AS ingin mengakuisisi TikTok.

Mengutip laman The Verge, Bill Gates mengatakan pengakuisisian ini bagaikan sebuah piala beracun untuk Microsoft.

“Siapa yang tahu apa yang terjadi dengan kesepakatan itu. Tetapi ya, itu adalah piala beracun. Menjadi besar dalam bisnis media sosial bukanlah permainan sederhana, seperti masalah enskripsi,” kata Gates.

Dalam wawancaranya dengan Bloomberg, Gates berpendapat bahwa dalam proposal akuisisi, Microsoft mencantumkan rencana memindahkan semua data pengguna TikTok di AS agar tidak disalahgunakan.

Microsoft Berencana Akuisisi TikTok, Bill Gates: Ini Kesepakatan yang Aneh
Trump memberi waktu hingga 15 September 2020 pada Microsoft untuk mengakuisisi TikTok. (Foto: The Verge)

“Microsoft sangat berhati-hati dengan janji datanya dan akan mencoba untuk memiliki hubungan yang kuat secara global. Kami tidak akan melakukan hal-hal yang memusuhi atau dipandang bermusuhan,” tegas Gates.

Baca juga:

Microsoft Tunda Akusisi TikTok

Gates tampak bingung dengan kesepakatan TikTok, terutama ketika Trump yang menyarankan Departemen Keuangan AS memerlukan beberapa jenis akuisisi.

“Saya setuju bahwa prinsip yang dijalankan ini sangat aneh. Saya mungkin akan memberikan saran pada beberapa hal, tetapi bukan saya penentu keputusan yang akan dibuat,” ujar Gates.

Microsoft Berencana Akuisisi TikTok, Bill Gates: Ini Kesepakatan yang Aneh
Bisa memicu perang dagang baru antara AS dan Tiongkok. (Foto: The Verge)

Trump memberikan kesempatan sampai 15 September 2020 pada Microsoft untuk menyelsaikan akuisisi agar TikTok masih bisa dinikmati di AS.

Ini adalah kesepakatan rumit bagi Microsoft yang memberikan dampak besar di jejaring sosial sekaligus risiko perang dagang antara AS dan Tiongkok. Gates jelas mewaspadai akuisisi tersebut untuk satu bulan ke depan. (and)

Baca juga:

Trump Tidak akan Larang TikTok di AS Jika Hal Ini Terjadi



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH