Microsoft Anjurkan Pengguna Windows Phone Beralih ke iPhone atau Android Update sistem operasi untuk Windows Phone akan Dihentikan Desember Mendatang (foto: financialexpress)

SEIRING dengan akan dihentikannya pembaruan pada platform Windows 10 Mobile pada 10 Desember 2019 mendatang. Maka Microsoft menganjurkan pengguna Windows Phone untuk beralih ke smartphone dengan sistem operasi Android atau iOs.

Pihak Microsoft akan berhenti mengirimkan "pembaruan keamanan baru, perbaikan terbaru non-keamanan, opsi dukungan bantuan gratis, atau pembaruan konten teknis dari Microsoft secara gratis."

Dengan kata lain, tidak akan ada ada lagi pembaruan. Hanya beberapa jenis smartphone tertentu yang masih akan didukung hingga akhir tanggal itu.

1. Alasan Microsoft melakukannya

Akhir dari Windows Phone
Joe Belfiore sang eksekutif Microsoft (foto: branyack.com)

Pernyataan tersebut dikeluarkan dengan alasan misi awal perusahaan tersebut sebenarnya adalah mencoba memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini.

Microsoft telah berupaya keras untuk membantu iPhone dan Android. Dimana produk Office mereka tersedia untuk keduanya.

Mereka juga telah menjalin kerjasama dengan Samsung. Seperti menjual beberapa versi ponsel Galaxy andalannya dengan Office yang sudah terpasang di dalamnya.

2. Kilas balik Windows Phone

Kilas Balik Windows Phone Pertama
Windows jumawa akan menaklukkan pesaingnya (foto: gadgets.ndtv.com)

Microsoft pernah memiliki rencana besar untuk Windows pada perangkat seluler pada 2010 dan meluncurkan Windows Phone 7.

Pada saat itu, raksasa teknologi asal Amerika ini menyatakan bahwa BlackBerry maupun iPhone akan mereka kalahkan.

Microsoft juga mengakuisisi Nokia sehingga dapat membangun produk Windows Phone. Pada waktu itu Microsoft mencatat akuisisi Nokia senilai $ 7,6 miliar atau senilai lebih dari Rp107 triliun.

3. Windows Phone kalah pamor

Windows Phone kalah Pamor
iPhone vs Android vs Windows Phone (foto: youtube/JayTech)

Ada banyak alasan mengapa Windows gagal pada gagasan smartphone mereka. Satu yang terbesar mungkin karena tidak ada cukup aplikasi yang tersedia. Termasuk aplikasi-aplikasi populer yang tersedia di Android dan iPhone. Hal tersebut dikatakan sendiri oleh mantan CEO Windows phone, Terry Myerson, pada bulan Maret tahun lalu.

Dengan ponsel keluaran Microsoft tersebut, penggunanya jelas memiliki pengalaman berbeda. Yang terlihat jelas dari sisi bisnis bahwa mereka kewalahan menyaingi platform Android yang sangat besar.

Myerson juga mengakui bahwa, mereka membangun versi awal Windows Phone pada platform Windows CE yang tidak lengkap, yang dirancang untuk sistem tertanam kecil, dan pada gilirannya membuat perusahaan tersebut tertatih-tatih untuk mengejar ketinggalan. (ADP)

Kredit : anandadimas

Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH