Microsoft akan Beli Activision

Dwi AstariniDwi Astarini - Rabu, 19 Januari 2022
Microsoft akan Beli Activision
CEO Microsoft Satya Nadella berencana akuisisi Activision. (Di Markets)

MICROSOFT pernah mencoba membuat rekor pada 2008. CEO Microsoft saat itu, Steve Ballmer, mengejar rencana untuk membeli Yahoo dengan nilai sekitar Rp 718 triliun. Hal tersebut menjadi kesepakatan teknologi terbesar yang pernah ada di Amerika Serikat. Rencana itu melampaui pembelian SDL oleh JDS Uniphase senilai Rp 589 triliun pada 2000.

Untungnya bagi Microsoft, Yahoo berulang kali menolak tawaran tersebut. Yahoo kemudian dikalahkan Google dalam urusan mesin pencarian. Yahoo kemudian dijual senilai Rp 64,6 triliun ke Verizon pada 2017. Sekarang, Satya Nadella selaku CEO Microsoft ingin mencoba sekali lagi untuk memasukkan Microsoft ke buku rekor kesepakatan.

BACA JUGA:

Microsoft Akan Akuisisi Konami dan Sega

Menurut laman CNBC, pada Selasa (18/1), Microsoft telah mengumumkan mereka telah mengakuisisi penerbit video game Activision Blizzard sekitar Rp 986 triliun. Hal tersebut hampir di atas kesepakatan teknologi terbesar dalam sejarah AS. Pada 2016, Dell juga pernah membeli EMC seharga Rp 962 triliun.

microsoft
Microsoft pernah ingin membeli Yahoo. (NewsExel)

Microsoft masih harus mendapatkan persetujuan dari pemegang saham Activision dan yang lebih penting dari regulator. Baru-baru ini, ada dua kesepakatan besar di industri semikonduktor, yaitu upaya Nvidia untuk membeli Arm dan perjanjian AMD untuk membeli Xilinx. Keduanya telah ditahan dalam tinjauan peraturan selama lebih dari setahun.

Bagi Microsoft, harga pembelian itu lebih dari dua kali lipat dari yang pernah dibayar perusahaan berusia 47 tahun tersebut. Akuisisi teratas terakhir ialah LinkedIn pada 2016, yang menelan biaya lebih dari Rp 373 triliun. Pada saat yang sama, Microsoft bernilai sekitar Rp 5,7 kuadriliun. Dengan begitu, pembelian itu bernilai sekitar 6,5 persen dari kapitalisasi pasar perusahaan.

microsoft
CEO Microsoft ingin mencoba sekali lagi untuk memasukkan Microsoft ke buku rekor kesepakatan. (The West Australian)

Harga pembelian Microsoft pada Jumat (14/1) 45 persen lebih tinggi daripada harga penutupan Activision. Namun, investor Microsoft tampaknya tidak masalah tentang hal tersebut. Pada Selasa (18/1), Microsoft mengalami penurunan saham 2,4 persen bersama dengan banyak saham teknologi lainnya. Hal tersebut disebabkan rekam jejak Nadella yang solid dalam mengintegrasikan akuisisi sebelumnya, seperti LinkedIn dan GitHub, yang dibeli Microsoft senilai Rp 107 triliun pada 2018.(frs)

#Bisnis #Microsoft
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan