Teknologi

Microsoft Akan Akuisisi Konami dan Sega

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 16 Maret 2021
Microsoft Akan Akuisisi Konami dan Sega
Beredar rumor Microsoft akan mengakusisi Konami dan Sega (Foto:pixabay/efes)

BELUM lama ini terbesit rumor bahwa raksasa teknologi Microsoft berniat mengakuisisi studio game ternama, untuk memperkuat penjualannya di Jepang. Hal itu tak terlepas dari penjualan Xbox di wilayah itu yang cukup memuaskan.

Pasca resmi mengakuisisi ZeniMax Media serta senjumlah perusahaannya seperti id Software dan Bethesda, Microsoft dikabarkan akan mengakuisisi perusahaan game ternama di Jepang, yaitu Konami dan Sega.

Baca Juga:

Microsoft dan Oracle Tengah Garap Kartu Vaksin COVID-19 Digital

Perusahaan induk dari Xbox Game Studios itu sudah mengakuisisi ZeniMax Media senilai US$7,5 miliar. Akuisisi tersebut membawa delapa studio game.

Sebelumnya Microsoft sudah mengakusisi ZeniMax (Foto: notebookcheck)

Delapan studio game tersebut yakni Bethesda Game Studios, id Software, Arkane, ZeniMax Online Studio, MachineGames, Tango GameWork, Alpha Dog serta Roundhouse di bawah naungan Microsoft.

Merupakan sebuah hal yang masuk akal bila Microsoft ingin mengakuisisi Sega, yang notabene merupakan perusahaan yang berbasis di Jepang, dengan segala pengatahuan serta pengalamannya di dunia game konsol.

Rumor tersebut tergantung dari seberapa penting atau tidaknya pasar Jepang untuk Microsoft atau Xbox. Karena angka penjualan yang terbilang cukup buruk, dengan 1.508 unit Xbox Series X dan hanya 10 konsol Xbox One terjual pada pekan yang berakhir di 27 Februari.

Baca Juga:

Microsoft Peringatkan Pengguna Android Tentang Ancaman Pemerasan

Kemungkinan Microsoft akan melakukan perluasan studio lebih lanjut di tahun 2021 (foto: cnet)

Seperti yang dilansir dari Notebook Check, perbedaan angka tersebut cukup signifikan dibanding para pesaingnya yakni Playstation dan Nintendo Switch. Playstation berhasil menjual 3.249 unit untuk Playstation 4, dan 33.792 unit untuk Playstation 5. Sementara Nintendo Switch berhasil menjual 78.134 perangkat pada pekan yang sama.

Dengan akuisisi yang dilakukan Microsoft pada Konami dan Sega, tak sekadar membuat Xbox menjadi brand yang lebih perkasa di Jepang. Tapi, akan menarik jutaan penggemar dari dua perusahaan itu di negara lain yang kebetulan mempunyai Xbox.

CEO Microsoft Satya Nadella serta Chief Xbox Phil Spencer, sudah menjelaskan bahwa akuisisi untuk pengembang game merupakan langkah yang tepat. Kemungkinan akan ada perluasan studio lebih lanjut di tahun 2021.

Bila rumor akuisisi tersebut menjadi kenyataan, persaingan di industri game tentunya semakin memanas. Yakni antara Xbox, Playstation serta Nintendo. (Ryn)

Baca Juga:

Microsoft Flight Simulator makin Seru

#Teknologi #Game #Microsoft
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan