Microcurrent, Efektivitas Perangkat Kecantikan Menurut Dermatolog Teknologi arus mikro menggunakan listrik tegangan rendah yang aman untuk merangsang otot dan sel. (msgsndr.com)

BEBERAPA orang berpendapat bahwa perangkat kecantikan adalah 'perawatan kulit masa depan'. Banyaknya alat yang mengikuti kemajuan teknologi di pasar melengkapi rejimen yang ada dan memungkinkan kamu untuk dengan mudah meningkatkan perawatan kulit ke tingkat berikutnya.

Perangkat wajah microcurrent mungkin adalah salah satu alat kecantikan paling menarik di luar sana. Perangkat ini tersedia di klinik kecantikan dan ada yang dapat digunakan sendiri di rumah. Apa itu perangkat microcurrent dan bagaimana cara kerjanya? Dermatolog mencoba menjelaskan mengenai inovasi ini.

Baca Juga:

Mengenal Jenis-Jenis dan Keunggulan Produk Kecantikan

Cara kerja microcurrent

Cara kerja perangkat ini ialah dengan teknologi arus mikro menggunakan listrik tegangan rendah yang aman untuk merangsang otot dan sel. "Facial ini mengencangkan dan menghaluskan otot dan jaringan ikat di wajahmu dengan meningkatkan aktivitas seluler," jelas Annie Gonzalez, MD, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Miami, AS seperti diberitakan Real Simple.

Dia mengatakan, perangkat tersebut dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu drainase limfatik. Dengan perawatan yang konsisten, kamu dapat merasakan kulit lebih kencang, terlihat sedikit lebih terangkat, sedikit tirus, dan tidak terlalu tembam. Alat itu juga dapat menciptakan penampilan yang bersinar berkat peningkatan sirkulasi darah.

Pada dasarnya, perangkat microcurrent membuat otot sedikit 'terlatih'. Namun kamu tidak dapat melihat hasilnya secara langsung, tetapi hasilnya kumulatif dari waktu ke waktu.

Popularitas perawatan wajah mikro profesional yang sedang booming tak terhindarkan telah menyebabkan munculnya perangkat rumahan yang keren, seperti NuFace Trinity Facial Toning Device dan Face Gym Pure Lift Face. Namun, seperti kebanyakan alat di rumah, ada beberapa perbedaan utama antara microcurrent di klinik dan alternatif di rumah.

"Perbedaannya terletak pada kekuatan panjang gelombang dan arus. Keduanya bervariasi secara drastis, dengan beberapa mesin profesional memiliki berbagai panjang gelombang, memberi mereka target dan kekuatan yang lebih tajam," kata Dr. Gonzalez.

Dia menambahkan, "Beberapa perangkat juga membaca jumlah energi yang dibutuhkan kulitmu untuk memberikan perawatan yang lebih sesuai."

Hasil pengangkatan dari perawatan profesional berlangsung antara seminggu dan sebulan, dan, seperti yang disebutkan di atas, hasil ini bersifat kumulatif. Serangkaian 10 perawatan yang tersebar setiap dua hingga lima minggu direkomendasikan.

Perubahan akan terlihat setelah berbulan-bulan pemakaian. (Foto: Unsplash/Valerie Elash)

Alat arus mikro di rumah biasanya bekerja dengan biaya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan peralatan di klinik. Meskipun mereka memiliki manfaat yang serupa, hasilnya lebih halus. Kamu harus menggunakan alat ini setiap hari, biasanya sekitar 5-10 menit. Pakai selama berbulan-bulan untuk melihat perubahan.

Salah satu opsi adalah memanfaatkan keduanya, karena perangkat di rumah dapat membantu mempertahankan hasil di antara jeda perawatan di klinik.

"Saya telah menawarkan perawatan wajah mikro selama hampir dua dekade. Saat itu disebut 'face lift non-bedah' dan itu adalah perawatan wajah paling trendi," kata Julie Lindh, ahli kecantikan yang berbasis di New York, AS.

Baca Juga:

Tips Memilih Klinik Kecantikan di Masa Pandemi

"Untuk perawatan di sela-sela, saya menyarankan klien untuk melakukan 'latihan kebugaran wajah' untuk mempertahankan daya angkat di rumah. Perangkat arus mikro melakukan pekerjaan dengan lebih mudah dalam waktu yang lebih singkat," dia menjelaskan.

Bahkan jika kamu memilih untuk melewatkan perawatan di klinik dan hanya menggunakan perangkat arus mikro di rumah, kulitmu tetap akan menuai manfaatnya, meskipun dengan perubahan yang tidak terlalu ekstrem.

Seperti kebanyakan alat di rumah, ada perbedaan antara microcurrent di klinik dan di rumah. (Foto: christinahello.com)

Keamanan microcurrent

Teknologi arus mikro telah ada selama beberapa dekade dan dianggap aman, efektif, dan tepat sasaran. Faktanya, perangkat microcurrent sebagian besar digunakan dalam terapi fisik pada tahun-tahun awal penggunaannya.

"Perangkat microcurrent sangat aman dan efektif untuk mulai digunakan di usia 20-an dan berlanjut sepanjang masa dewasa. Apakah kamu memutuskan untuk berlatih di rumah atau dengan profesional, hampir semua orang dapat menggunakannya," kata Dr. Gonzalez.

Satu-satunya pengecualian adalah jika kamu menderita epilepsi, diabetes, masalah jantung, atau jika kamu sedang hamil. Juga, Dr. Gonzalez mengatakan bahwa jika kamu memiliki jerawat, perawatan mikro berpotensi merangsang peradangan, jadi berhati-hatilah. Seperti biasa, jika ragu, tanyakan kepada dermatolog apakah perawatan microcurrent dapat menjadi pilihan yang baik untuk masalah kulitmu. (aru)

Baca Juga:

Produk Kecantikan dengan Bahan Alami Kian Ramai Peminat

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rusia-Ukraina Berkonflik, Inggris Diusulkan Jadi Tuan Rumah Eurovision 2023
ShowBiz
Ghostbusters VR akan Hadir untuk PlayStation VR2
Fun
Ghostbusters VR akan Hadir untuk PlayStation VR2

Dapat kamu nikmati di 400 lebih gerai Hologate di seluruh dunia pada akhir 2022 nanti.

Laris di Asia, Lego Bangun Pabrik Baru di Vietnam
Fun
Laris di Asia, Lego Bangun Pabrik Baru di Vietnam

Menginvestasikan lebih dari USD 1 miliar.

Aman dan Nyaman, Ini Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil
Fun
Aman dan Nyaman, Ini Posisi Tidur Terbaik untuk Ibu Hamil

Posisi tidur aman dan nyaman untuk ibu hamil.

Demi Dilirik Sony, Square Enix Jual 3 Studionya
Fun
Demi Dilirik Sony, Square Enix Jual 3 Studionya

Tiga studio tersebut 'dikorbankan' demi mewujudkan ambisi manajemen Square Enix agar dilirik Sony.

Uji Coba Vitamin A untuk Pengobatan Kehilangan Penciuman Akibat COVID-19
Fun
Uji Coba Vitamin A untuk Pengobatan Kehilangan Penciuman Akibat COVID-19

Vitamin A diramu untuk memberikan pengobatan terhadap pasien COVID-19.

Pemanfaatan Tanaman Dandang Gendis untuk Kesehatan Mulut
Fun
Pemanfaatan Tanaman Dandang Gendis untuk Kesehatan Mulut

Penggunaan obat kumur juga dapat mengurangi peradangan di daerah pernapasan bagian atas.

Generasi Muda Membutuhkan Panduan Literasi Keamanan Digital
Fun
Generasi Muda Membutuhkan Panduan Literasi Keamanan Digital

Panduan literasi keamanan digital, agar bisa mengoptimalkan internet.

Tips Rencakan Liburan Akhir Tahun yang Aman dan Nyaman saat Pandemi
Fun
Tips Rencakan Liburan Akhir Tahun yang Aman dan Nyaman saat Pandemi

Rencana liburan impian tetap bisa terlaksana. Asalkan melakukan beberapa langkah yang bisa membuat diri kita aman dan nyaman.

Permainan Kartu untuk Temani Akhir Tahun Bersama Orang Terkasih
Fun
Permainan Kartu untuk Temani Akhir Tahun Bersama Orang Terkasih

Permainan kartu sangat cocok untuk menemani kalian dengan orang terkasih seperti sahabat, pacar, saudara ataupun keluarga.